Nama Mantan Sekda Heru Tjahjono Nongol di Survei ARCI Pilgub Jatim 2024

 Nama Mantan Sekda Heru Tjahjono Nongol di Survei ARCI Pilgub Jatim 2024

Hasil survey ARCI pemilihan Gubernur Jatim (foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS— Nama mantan Sekda Prov Jatim Heru Tjahjono muncul di bursa Cagub Jatim 2024 hasil survei ARCI (Accurate Research and Consulting Indonesia ). Padahal nama tersebut sempat ‘lenyap’ usai tak lagi menjabat Sekda Provinsi Jatim.

“Heru disebut responden di wilayah Mataraman karena pernah menjadi Bupati Tulungagung dua periode,” kata Direktur ARCI, Baihaki Siratj dalam pemaparan hasil survei lembaganya di Surabaya, Rabu (20/7).

Meski masuk bursa Cagub Jatim 2024, tapi soal elektabilitas jangan bandingkan dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa atau Wagub Emil Elestianto.

Alih-alih dengan Khofifah-Emil, jauh! Heru hanya mengantongi elektabilitas 2,25%. Masih di bawah Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (2,42%), hanya sedikit di atas Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim, Mundjidah Wahab (0,8%).

Sementara elektabiltas Khofifah berada di urutan teratas (31,25%), disusul Emil Dardak (10,91%). “Elektabilitas Khofifah masih dominan, belum ada calon atau nama lain yang mendekati,” katanya.

Hanya saja, tandas Baihaki, angka elektabilitas Khofifah tersebut belum aman karena statusnya yang incumbent dan sudah tiga tahun ini memimpin Jatim.

“Kalau ingin mencalonkan lagi, mulai sekarang harus turun ke masyarakat karena tidak cukup aman, masih di angka 31,25%. Secara personal dia sudah menjabat kan? Artinya angka itu masih belum aman!” tandasnya.

Angka elektabilitas yang aman untuk incumbent, menurut Baihaki, yakni paling tidak 45% atau 50%. ”Kalau ini di 31% belum aman, karena lawannya dalam pertarungan nanti pasti mencari celah dari incumbent,” ujarnya.

Bagaimana dengan kandidat lain? Nama yang muncul dalam survei ARCI cukup berjibun, tapi elektabilitasnya tak sampai 8%. Di bawah Emil ada Tri Rismaharini (7,09%), Syaifullah Yusuf (6,5%), Anwar Sadad (5,25%), Abdul Halim Iskandar (5,08%), dan Bambang DH (4,41%).

Survei ARCI digelar di 38 kabupaten/kota di Jatim mulai 25 Juni hingga 10 Juli 2022. Jumlah responden 1.200 yang dipilih secara random (multistage random sampling) dengan margin of error lebih kurang 2,8% pada tingkat kepercayaan 9%%. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.