Musik Api Memet “Setengah Gila”

 Musik Api Memet “Setengah Gila”

DR Memet Chairul Slamet dalam repertoar “Musik Api”. (foto: Richa Amalia)

JAYAKARTA NEWS – Setengah Gila. Kata yang pantas untuk pagelaran Art Perfomance Music of Fire, digelar dengan nuansa natural di Royal House of Culture kawasan Jl Gito Gati, Sleman, Yogyakarta.

DR. Memet Ch. S bukan tanpa alasan membuat pertunjukan ini, sebab Music Api merupakan repertoar kelanjutan dari komposisi musik yang sebelumnya telah digelar dengan tema alam. Musik Batu, Angin, Air.

Multimedia dengan layar menutupi panggung masih menjadi andalan seperti halnya konser musik air di Bentara Budaya Surakarta beberapa tahun silam, namun kali ini terkonsep lebih baik walaupun kurang sedikit matang.

Visual yang ditampilkan dilayar mewakili efek bunyi ditampilkan dengan sederhana, sangat disayangkan tidak tergarap dan berinovasi dengan permainan editing dengan baiberkelapkelip a Tito Pangesti Adji sebagai art director.

Selama pertunjukan berjalan dengan adem, opening dibuat teaterikal, beberapa pemain pantomime berinteraksi dengan korek gas, mengajak penonton menyalakan korek yg sudah dibagikan hingga berkelapkelip mengantarkan pertunjukan sebenarnya.

Dari beberapa etape segmentasi penampilan, pada irama permainan gerinda sebetulnya sangat bisa maksimal, sebab efek percikan api bisa membuat keindahan tersendiri, dan DR Memet bisa sangat maksimal bermain lebih ekspresif akan semakin memukau.

Apapun, musik api ini adalah kepekaan tentang karya yang terinspirasi dari alam. DR Memet telah mengungkapkan, menciptakan nada, suara hingga berirama menjadi sesuatu yang bisa dilihat, didengar, direnungkan. Memang banyak pesan dari hasil perkawinan bunyi-bunyian yang disampaikan, bisa tentang teriakan emosional melihat keadaan.

Pertunjukan ini, sangat pantas diapresiasi atas hasil kerja kolaborasi beberapa pihak. Sukses selalu, jangan hadirkan karya setengah gila, tapi karya gila. (gde mahesa)

“Musik Api” karya Memet Chairul Slamet. (foto: Richa Amalia)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *