Mumpung Baru Dibuka, Pekerja Lulusan SLTA Simak yang Satu Ini

 Mumpung Baru Dibuka, Pekerja Lulusan SLTA Simak yang Satu Ini

Peluncuran Bunda Mulia Long Distance Learning di UBM Ancol, Senin (10/8/2020).Foto:Rina

JAYAKARTA NEWS—Dunia pendidikan diseluruh dunia mengalami banyak perubahan semenjak Covid-19 merajalela di bumi. Menghindari kerumunan adalah tujuan ditiadakannya pembelajaran yang biasa dilakukan secara tatap muka. Indonesia pun menyesuaikan pola pembelajaran yang sebelumnya berkumpul dalam kelas, semasa Covid-19 menjadi pembelajaran berbasis digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Agar proses pendidikan tetap berlangsung, insan pendidikan melakukan beragam cara agar pelajar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pembelajaran daring pun menjadi solusinya.

Sebuah institusi perguruan tinggi di Jakarta menyadari pentingnya inovasi dalam pembelajaran di era digital ini. Hal itu membuat Universitas Bunda Mulia (UBM) melakukan terobosan baru dengan meluncurkan Bunda Mulia Long Distandce Learning atau lebih dikenal BMLDL.

Peluncuran yang dilaksanakan di Gedung Universitas Bunda Mulia Ancol dihadiri Direktur Pemasaran Young Dame R Napitupulu, Wakil Rektor Kandi Sofia S Dahlan dan Dekan Bunda Mulia Long Distance Learning, Ririn Breliastiti, Senin (10/8/2020).

“BMLDL sebenarnya program lama. Namun, baru dapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga baru dibuka pada tahun ajaran baru 2020 ini untuk program studi S1 Akutansi dan Manajemen,” ujar Direktur Pemasaran UBM, Young Dame.

Senada dengan Young Dame, Dekan BMLDL Ririn Breliastiti menyebut pembelajaran jarak jauh sudah masuk rencana strategis UBM. “LDL juga sebagai respons imbauan pemerintah untuk meningkatkan angka paritisipasi kasar (APK) mahasiswa yang masuk perguruan tinggi yang menurut data BPS tahun 2019 baru mencapai 30,28 persen. Artinya, anak bangsa yang belum mengenyam pendidikan tinggi masih banyak,” tutur Ririn.

Ririn melanjutkan, peluncuruan BMLDL dilatarbelakangi UBM yang dikenal sebagai kampus yang unggul dengan IT. Dukungan pembelajaran daring bisa dilaksanakan karena kesiapan IT tersebut. Selain itu BMLDL juga didukung dosen dan tutor khusus.

BMLDL diharapkan menjadi solusi bagi yang terkendala waktu dan jarak. Kini masyarakat bisa menjadikan BMLDL sebagai pilihan melanjutkan pendidikan tinggi. Fasilitas dan sarana bagi mahasiswa BMLDL tidak berbeda dengan mahasiswa tatap muka.

Dengan biaya kuliah terjangkau BMLDL terbuka bagi lulusan SMA/SMK di seluruh wilayah Indonesia terlebih yang sudah bekerja dan ingin mendapatkan gelar akademik strata satu untuk peningkatan karir. Pendaftaran BMLDL tahun ajaran 2020 masih dibuka hingga Oktober mendatang.

Baik Young Dame dan Ririn optimis pembukaan BMLDL akan mendapat respons masyarakat mengingat program studi Akuntansi dan Manajemen merupakan program studi paling banyak peminatnya. Terlebih proram BMLDL ini juga menyasar lulusan SLTA yang ingin meningkatkan pendidikannya tetapi terkendalan waktu dan jarak.

BMDLL merupakan pendidikan jarak jauh (PJJ) yang ditawarkan oleh Universitas Bunda Mulia untuk melengkapi 12 Progam Studi Sarjana Sratata (S1) tatap muka yang telah dimiliki UMB.

BMLDL merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi elektronik, Pembelajaran elektronik (e-learning) adalah pembelajaran yang memanfaatka paket informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik kapan saja dan dimana saja.

Sebagai awal peluncurannya, Program Bunda Mulia Long Distance Learning Universitas memiliki dua program studi S1 yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen.
Untuk rencana ke depannya BMLDL UBM akan melengkapi pilihan program studi yang lebih beragam, salah satunya adalah program studi Hospitality dan Pariwisata yang juga merupakan program studi unggulan Universitas Bunda Mulia.

Keunggulan BMLDL UBM yaitu kurikulum yang sama dengan program tatap muka. Sehinggga memiliki kualitas pembelajaran yang sama dengan program tatap muka. Keunggulan lain, UBMLDL bekerja sama dengan Google dalam mengembangkan Learning Management System (LMS) dan mahasiswa mendapatkan free kapasitas tak terbatas penyimpanan online (cloud storage).

Selain itu, BM LDL berbasis web dan dapat diakses secara mobile. Materi pembelajaran yang variatif dan interaktif seperti pemantauan hasil belajar setiap minggu berdasarkan post test juga merupakan keunggulan BMLDL lainnya.

Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di program studi BMLDL dapat dengan fleksibel mendaftarkan dirinya untuk berkuliah di BMLDL Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ) Ancol, BMLDL PBJJ Serpong, BMLDL PBJJ Bali. Jadi tak perlu khawatir belajar terkendala jarak dan waktu karena kini generasi muda berprestasi di Indonesia bisa berkuliah dimanapun dan kapanpun.***alf

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *