Mobil Listrik VW Lebih Murah

 Mobil Listrik VW Lebih Murah

VW akan meluncurkan ke pasar Eropa mobil listrik dengan harga terjangkau, yang memotong ‘ditikungan’ Tesla, produsen Model 3 berharga 46 ribu dolar atau sekitar 667 juta rupiah. VW akan membenderol mobil listrik I.D Neo dengan harga sekitar 23 ribu dolar atau sekitar 335,500,000 (dengan kurs 14.500 rupiah).

Pabrikan mobil Jerman ini sudah memiliki Peta Jalan (Roadmap) lengkap peluncuran mobil listrk, yang semuanya menggunakan platform MEB (Modular Electric Drive Matrix dalam bahasa Inggris).

Mobil listrik pertama VW, yang dilempar kepasar, adalah I.D Neo, mobil hatchback. I.D Neo direncanakan debut di pasar tahun 2019. Setelah itu, versi lebih besar, mobil crossover I.D Crozz lalu microbus (penerus VW Combi) I.D Buzz. Sementara, sedan kelas menengah I.D Aero akan dipasarkan berasama Passat, yang jadi alternatif mobil listrik.

Sejauh ini, mobil listrik dipandang masih mahal. Namun I.D Neo menyasar harga dibawah 23.000 dolar AS atau dibawah 20.000 Euro. Menurut sumber, yang tidak disebut namanya, Volkswagen memiliki target produksi ambisius. VW menghitung mobil listrik dengan harga terjangkau dipastikan akan populer dan dipesan banyak orang. Karena itu produksi I.D Neo dipatok sampai 200.000 mobil setahun. Sedangkan versi sedan I.D Aero akan diproduksi 100.000 kendaraan.

Salah satu keunggulan platform MEB adalah fleksibilitas yang besar sehingga VW bisa memutuskan bagaimana memperlengkapi setiap mobil listriknya. Platfom ini bisa diperlengkapi motor listrik di depan atau belakang atau keduanya. Selain itu, mobil juga bisa diperlengkapi dengan ukuran baterai yang berbeda-beda sehingga bisa meningkatkan jarak tempuh.

I.D Neo akan memiliki 168 tenaga kuda (TK) dari satu motor listrik. VW, sebelumnya, berbicara mengenai jarak tempuh sejauh 500-an kilometer untuk sekali pengisian baterai. Namun mengingat harganya, mungkin jarak tempuh hanya akan sampai sekitar 250 kilometer. Kendati begitu, bila dibandingkan dengan Model 3, buatan Telsa, tetap saja jarak tempuh itu sungguh-sungguh mengesankan. Jika dibandingkan dengan e-Golf, yang sudah dipasarkan, harganya lebih dari 30.000 dolar AS dan jarak tempuhnya hanya sekitar 187 kilometer saja.

Kekurangan I.D Neo, cuma satu, yatitu ketersediaan. Mobil ini akan jadi mobil pertama yang diproduksi VW berdasarkan konsep platform MEB. Mobil ini, pertama-tama, akan dipasarkan di Eropa saja. Sedangkan untuk Amerika, VW berencana meluncurkan I.D Crozz, yang dipandang jenis crossover lebih populer. Di Indonesia, kita masih akan menanti cukup lama.

 

Sumber informasi: slashgear.com

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *