Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Mobil Elektrik Toyota-Suzuki Bakal Masuk ke India Pada 2020

Published

on

 

DUA raksasa otomotif Jepang, Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation, telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) yang berkaitan dengan pembuatan dan peluncuran kendaraan listrik di India pada tahun 2020.

MoU tersebut merupakan hasil diskusi antara kedua perusahaan tersebut, antara lain, seputar diseminasi teknologi elektrifikasi kendaraan di India, yang dimulai pada 6 Februari tahun 2017 ini.

Berdasarkan  kesepakatan tersebut, Suzuki akan memproduksi EVs untuk pasar India dan akan memasok beberapa ke Toyota. Peran Toyota adalah memberikan dukungan teknis.

Kedua perusahaan tersebut juga berniat untuk melakukan penilaian komprehensif mengenai penerimaan luas dan penggunaan EVs yang populer di India. Penilaian ini akan berkisar seputar pendirian stasiun pengisian, pengembangan sumber daya manusia yang mencakup pelatihan untuk teknisi after-sales dan after services yang dipekerjakan di seluruh jaringan penjualan, dan sistem  perawatan yang tepat untuk baterai terkini.

Pabrik baterai lithium-ion, dengan alasan pabrik mobil Suzuki yang baru dibuka di Gujarat, akan memainkan peran utama. “Selain baterai lithium-ion, motor listrik dan komponen utama lainnya akan diproduksi secara lokal untuk produksi EVS di India,” kata pernyataan resmi tersebut keduz perusahaan Jepang itu.

 

Pengumuman tersebut muncul kurang dari sebulan setelah Suzuki dilaporkan mengungkapkan keprihatinannya atas tingkat kesiapan India. Secara khusus menyebutkan infrastruktur yang buruk di India dan biaya tinggi yang terkait dengan mobil listrik sebagai alasan utama.

Pemerintah India menginginkan EVs bisa mulai mengisi  jalan-jalan di India  pada tahun 2030, dimana seharusnya  sebagian besar produsen memprioritaskan EVs pada tahun 2020 untuk memastikan portofolio listrik yang sehat pada tahun 2030. Produsen otomotif lokal, Tata dan Mahindra juga telah mulai mengerjakan produk listrik. Mahindra sudah memiliki e-Verito dan E2o yang dijual.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *