Menyusuri Kuta, Pandawa dan GWK – Bali Aman

 Menyusuri Kuta, Pandawa dan GWK – Bali Aman

BALI terlihat nyaman dan indah. “Sore ini Pantai Kuta ramai sekali coba lihat, ramai, ramai sekali,” kata Presiden Joko Widodo dalam akun twitternya yang diunggah 18 jam yang lalu. Ketika presiden datang, memang Pantai Kuta sudah mulai berdenyut lagi setelah diterpa erupsi Gunung Agung yang asapnya membumbung membuat oleng dunia pariwisata di Bali.

Saat ini, sudah terlihat wisatawan mancanegara dan juga pendatang lokal. Di antaranya ada yang menyusuri pantai, sebagian berteduh dari siraman matahari di bawah pohon-pohon katang yang banyak tumbuh di dekat pantai.

Begitu melihat presiden datang, mereka berebut berfoto dengan Jokowi. Seperti biasa, Jokowi melayani sambil tersenyum. Bahkan ia juga membuat vlog untuk mempromosikan Bali. Pantai Kuta memang salah satu objek wisata yang paling diandalkan pemerintah. Kawasan ini telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Ombak-ombak yang tinggi bergemuruh ditingkahi para peselancar yang meliuk-liuk di punggung laut, adalah pemandangan wajar di sini.

Soal fasilitas penunjang wisata tentu Kuta sudah sangat khatam. Di sini semuanya ada, mulai dari bar, restoran, hingga hotel berbintang. Bahkan pantai Kuta hanya berjarak 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kondisi itu berubah setelah tahun 1970-an. Pemerintah sudah mulai menata tempat wisata ini. Hingga kemudian tempat ini tumbuh makin kuat sebagai lokasi wisata andalan negara, dan bahkan menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia yang mampu menambah devisa negara.

Geliat wisata di Bali sempat terganggung dengan aksi teroris yang meledakkan bom bunuh diri yang menewaskan 202 orang dan 209 lainnya terluka pada 2002. Tiga tahun kemudian terjadi lagi peristiwa yang sama di kawasan Pantai Kuta.

Setelah itu, pemerintah bekerja keras mengembalikan roh wisata di Bali. Dan kemudian terguncang lagi dengan peristiwa aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.031 meter di atas permukaan laut itu. Peristiwa alam ini sempat menurunkan tingkat kunjungan ke Bali sampai 40 persen. Itulah sebabnya, Presiden Jokowi sampai turun ke Bali. Ia pun memastikan Bali sudah aman. “Ayo ke Bali. Aman.”

Kedatangan Jokowi menumbuhkan semangat lagi berkunjung ke Pulau Dewata. Ramai netizen merespon positif kedatangannya. “Aih senengnya lihat gaya Presiden Jokowi nyeker menikmati keindahan Pantai Kuta Bali,” begitu tertulis dalam akun @BillRay dengan menyertakan hastag #BaliTetapAman #balisafe.

Kemudian ada juga yang mengajak liburan ke Bali. “Akhir tahun liburan ke bali yuk… pak Jokowi aja kesana,” tulis akun @daru_nata juga menyertakan #BaliTetapAman. Bali memang benar-benar aman. Sehari setelah Presiden Jokowi melawat Kuta, penulis berkesempatan mengunjungi Pulau Dewata. Hanya tiga hari bermalam di rumah teman di Badung (10 menit dari Bandara Ngurah Rai). Meski hujan nyaris turun tiap hari, penulis sempat menyusuri pantai Kuta (sayang sunset tak muncul karena tertutup awan), pantai Pandawa dan GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang semuanya terletak di Kabupaten Badung. Jelang malam tahun baru, Bali macet luar biasa. Traffic Jam tiap hari. Bali benar-benar aman. Bali tetap aman! Astungkara. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *