Menunggu Suguhan “Wah” Supergroup Live in Concert

 Menunggu Suguhan “Wah” Supergroup Live in Concert
Kelompok Musik Krakatau yang legendaris, beranggotakan Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Pra Budi Dharma dan Tri Utami. Foto: John Sinyal

DI TENGAH serbuan konser musik internasional, beberapa grup musik Indonesia yang tetap dan terus memberikan pengaruh dalam warna musik Indonesia,berkemas menggelar pentas bersama. Mereka adalah God Bless, Kahitna, Krakatau, Gigi dan Sheila On 7 yang berjadwal pentas konser kolosal bertajuk “Supergroup Live in Concert” di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada 21 November mendatang.

Seorang penggagas perhelatan unik ini yang bertindak selaku produser eksekutif, Kadri Mohamad, membocorkan informasi menarik tentang lima grup band super yang bakal beradu lagu hits bukan skills saja. “God Bless akan pamer lagu-lagu ngehitnya, serta bagaimana nanti boleh ditonton deh Krakatau yang tampil kreatif, karena akan melawan para Hit Makers kayak SO7 Kahitna dan Gigi,” ujarnya.

Silakan berbangga dong, karena ini adalah kejadian konser pertama di Indonesia yang berisi band-band terbaik kelas supergoup dari berbagai genre utama seperti rock, fusion jazz dan pop hasil pilihan polling suara netizen yang diadakan oleh XI Creative The Promotor.

Mereka dianggap memenuhi kriteria untuk jadi pilihan. Diantaranya dilihat dari rekam jejak jam terbang lebih dari 20 tahun, dan masih berkarya hingga saat ini, personel kelas maestro musik, musikalitas yang solid, manajemen bijak, jumlah fans, mengelola media sosial, plus jumlah album dan lagu-lagu ngehit.

God Bless adalah legenda rock band Indonesia yang berkibar dengan enam album selama hampir 50 tahun sejak tahun 1973. Lagu-lagu seperti “Semut Hitam”, “Kehidupan”, “Huma Di atas Bukit”, “Rumah Kita” adalah lagu-lagu mereka yang begitu populer.

Band pembuka pada konser Deep Purple di Jakarta (1975) tersebut saat ini terdiri dari Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Abadi Soesman dan Fajar Satritama. Semuanya hingga kini masih begitu eksis di kancah musik Indonesia.

“Ini sebuah pertemuan lima band yang unik. Kami dari generasi 1970-an, 198-’an, 1990 dan 2000-an bertemu dalam satu pentas festival. Akan menjadi salah satu pertunjukan tak boleh di lewatkan,” kata vokalis God Bless, Achmad Albar.

Adapun salah satu pionir fusion jazz di Indonesia, Krakatau dibentuk tahun 1984 di Bandung. Kini digawangi Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Pra Budi Dharma dan Tri Utami. Semua personelnya sudah menjadi pemusik kelas internasional dengan segudang prestasi. Menelurkan sekitar 10 album, saat ini sedang come back dengan album baru dan menggelar konser di kancah musik Indonesia dan dunia.

Banyak pengamat musik menyebut bahwa Krakatau berisian banyak maestro musik Indonesia. Trie Utami, perempuan vokalis ini mengatakan tentang pentas mereka nanti, “Boleh dibilang pentas lima supergroup ini akan menjadi kado indah untuk musik Indonesia dari kami Krakatau, God Bless, Kahitna, Gigi dan Sheila On 7.”

Selanjutnya, grup band beraliran pop rock Gigi sejak 1994 meramaikan kancah musik Indonesia dengan lebih dari 20 album. Dimotori empat personel enerjik yakni Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan dan Gusti Hendy — band awet ini masih punya penggemar yang kuat. Lagu-lagu seperti “Angan”, “11 Januari”, “Terbang”, “Nirwana” dan “Jomblo” adalah beberapa contoh lagu-lagu yang sukses digemari oleh beragam usia.

“Festival musik ini keren gua bilang sih. Gabungkan lima band dengan karakter berbeda yang punya hits dan kenangan di fans masing-masing. Mudah-mudahan jadi tontonan berkesan di akhir tahun 2017,” harap vokalis Armand Maulana.

Berikutnya, nama Kahitna adalah jaminan mutu pertunjukan musik saat ini. Keberhasilan band pengusung pop asal Bandung yang lahir ditahun 1986 ini tak lepas dari kepiawaian Yovie Widianto sebagai leader, sekaligus pencipta puluhan lagu yang hits. Sebut saja deretan lagu seperti “Cantik”, “Mantan Terindah”, “Cerita Cinta” dan “Rahasia Cinta”.

Dengan vokalis trio solid terdiri dari Carlo Saba, Hedi Yunus dan Mario — Kahitna berhasil terus berkibar hingga hari ini dengan penggemar yang terus bertambah di berbagai lapisan usia.

Pentas pertunjukan 5upergroup Live in Concert, menurut Yovie, “Selalu menyenangkan karena berada dalam satu pertunjukan dengan musisi-musisi yang secara jam terbang dan fan base masih luar biasa. Semoga ini memicu banyak pentas musik musisi Indonesia lainnya.”

Catatan gemilang apa pula yang dibawa oleh Sheila On 7, adalah mereka sebagai penghasil lagu hits terbanyak asal Yogyakarta. SO7 didirikan tahun 1996. Total sepuluh album telah dipersembahkan Sheila On 7 yang dimotori Eross, Duta, Adam dan Brian. Sheila On 7 tercatat telah meraih lebih dari 70 penghargaan di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Bagi SO7, mereka merasa terhormat sekali bisa satu panggung dengan God Bless, Krakatau, Gigi dan Kahitna yang menjadi para pahlawan musik bagi Sheila On 7.

Konser kolosal ini diinisiasi oleh XI CREATIVE The Promotor, sebuah forum kerjasama nirlaba alumni (angkatan tahun 1980, 1981 dan 1982) SMA XI Bulungan, Jakarta Selatan yang sekarang tergabung menjadi SMA 70. Selain berkomitmen membuat acara seni yang bagus dan dapat dinikmati serta diapresiasi oleh masyarakat Indonesia, tujuan XI CREATIVE The Promotor menyelenggarakan konser ini adalah untuk mengumpulkan dana bagi guru-guru yang telah berjasa.

Pentas ini diharapkan mengulang sukses yang pernah dibuat pada tahun 2015 lalu bertajuk LCLR Plus Concert, yang berhasil mendonasikan senilai Rp 500 juta kepada 25 orang guru. Sebuah usaha mulia yang harus kita dukung bersama.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *