Connect with us

Ekonomi Kreatif

Menparekraf Sebut Produk Ekraf Situbondo Berkualitas dan Berkelanjutan

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uni mengapresiasi kualitas dan keberlanjutan produk karya kreatif anak muda dari Kabupaten Situbondo yang dipamerkan dalam acara “Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023” yang dinilai mampu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kreatif dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Menparekraf Sandiaga saat menjadi super mentor pada AKI 2023 yang berlangsung di Pakuwon Mall Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/7/2023) mengatakan sebanyak 27 finalis AKI Situbondo telah membawa semangat kebangkitan ekonomi pascapandemi untuk produk yang dihasilkannya. Yang disebut dengan 3si yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. 

Deretan produk ekraf yang dipamerkan dinilai sudah memiliki kualitas yang tidak kalah dari jenama-jenama luar negeri. Beberapa di antaranya juga telah mengadopsi konsep keberlanjutan dengan kemasan produk yang digunakan bersifat ramah lingkungan. Inilah indikator yang menurut Sandiaga, dapat menjadi pendorong kemajuan UMKM kreatif tanah air.

“Saya meyakini bahwa Jawa Timur sebagai ekonomi nomor dua terbesar di Indonesia mampu untuk menjadi lokomotif dari kebangkitan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga.

Melihat besarnya potensi produk UMKM kreatif Jawa Timur, Menparekraf Sandiaga berupaya menjadikan produk-produk tersebut sebagai suvenir pada ajang Piala Dunia U-17 yang rencananya akan berlangsung di Kota Pahlawan, Surabaya.

“Karena Surabaya ini akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, kita akan dorong para pelaku UMKM kreatif di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan untuk menyesuaikan produk-produknya sehingga bisa menjadi merchandise, dengan logo-logo dari Piala Dunia U-17,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga berharap para peserta Apresiasi Kreasi Indonesia Situbondo dapat memanfaatkan program pengembangan ekonomi kreatif dengan optimal. Karena salah satu yang terbaik dari 27 finalis akan dipilih dan berkesempatan mengikuti puncak acara AKI di Jakarta pada September 2023 bersama dengan 16 pelaku ekraf terbaik lainnya dari masing-masing kota.

“Ini adalah mimpi kita semua. Produk-produk UMKM hadir di mall-mall ternama dunia. Mungkin sekarang di Mall Pakuwon. Tapi siapa tahu bisa dibawa ke Jakarta sebagai finalis. Malah ada yang sudah keluar negeri. Sudah ada yang bisa dipasarkan di Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika. Ini yang menjadi penyemangat kita,” kata Sandiaga.

Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Hudiyono; Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo, Tutik Margiyanti; dan Ketua Umum KADIN Jawa Timur, Adik Dwi Putranto.

Sementara Menparekraf didampingi oleh Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *