Connect with us

Ekonomi Kreatif

Menparekraf dan Mak Beti Menumbuk Tipa-Tipa Bersama Ina-Ina Desa Wisata Hariara Pohan Samosir

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ikut membantu ina-ina atau ibu-ibu dari Desa Wisata Hariara Pohan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, menumbuk tipa-tipa.

Di sela kunjungannya di Desa Wisata Hariara Pohan, Kamis (20/7/2023), Menparekraf Sandiaga bersama konten kreator Arief Muhammad atau lebih dikenal dengan julukan Mak Beti singgah ke sentra pembuatan tipa-tipa.

Tipa-tipa adalah camilan yang berbahan dasar padi muda yang telah dijemur selama 2-3 hari lalu digongseng dan langsung ditumbuk dalam keadaan panas. 

“Wah ibu-ibu lagi bikin apa ini? Saya boleh ikut bantu numbuk ya Bu,” kata Sandiaga.

“Silakan Pak, ini namanya tipa-tipa. Serealnya orang Batak,” kata salah seorang ibu.

Sandiaga bersama Mak Beti pun ikut serta membantu menumbuk tipa-tipa yang sudah digongseng oleh para ibu ini. Tipa-tipa merupakan salah satu kuliner unggulan dari Desa Wisata Hariara Pohan yang terpilih menjadi salah satu dari 75 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; dan Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto. Turut hadir pula Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *