Menko PMK Luncurkan 25 Koperasi Siswa di Palembang

 Menko PMK Luncurkan 25 Koperasi Siswa di Palembang

Peluncuran 25 Koperasi dan Penanaman pohon dipimpin langsung Menko PMK, Rabu (26/10). (Kemenko PMK)

PALEMBANG, JAYAKARTA NEWS – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi kepada Keluarga Besar Muhammadiyah dan  Aisyiyah Kota Palembang.

Apresiasi ditujukan khususnya kepada SMA Muhammadiyah 8 Kota Palembang yang telah menginisiasi peluncuran Koperasi Siswa di 25 sekolah SMP, SMA, MTs, MA, SMK Muhammadiyah dan Aisyiyah se Kota Palembang. 

Program tersebut merupakan salah satu Aksi Nyata  Gerakan Nasional revolusi Mental (GNRM) prioritas Kemenko PMK saat ini.

“Gerakan Ayo Berkoperasi harus dibangun secara fundamental dimulai dari yang paling esensial menyasar anak-anak di sekolah karena kelak mereka lah penerus estafet perjalanan bangsa berikutnya,” ujar Menko PMK dalam sambutannya, yang dikutip dari Siaran Pers Kemenko PMK, Kamis (27/10).  

Hal ini diamini oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palembang, Effendy AS. Menurutnya,  Gerakan Ayo Berkoperasi ini bisa menanamkan nilai-nilai karakter seperti kemandirian dan kedaulatan bangsa.

“Karenanya, wujud nyata Gerakan Ayo berkoperasi tersebut perlu dilakukan Literasi Berkoperasi. Gerakan ini mampu melatih Jiwa Enterpreneurship atau Literasi keuangan siswa melalui Koperasi Siswa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan, Haryadi menyampaikan harapan program ini mampu menggelorakan transformasi koperasi di Indonesia agar Kemandirian dan Kedaulatan Bangsa dapat terwujud secara paripurna.

Nilai-nilai kemandirian merupakan hal yang harus diutamakan menyongsong hadirnya bonus demografi di Indonesia.  “Sehingga pasca lulus dari instansi pendidikan, pelajar bisa memiliki jiwa wirausaha yang tinggi,“ tutur Ketua Pimpinan Pusat IPM Bidang Pengembangan Kreativitas Kewirausahaan yang turut hadir dalam peluncurkan itu.

Tak kalah menarik, Imam juga menambahkan bahwa Koperasi Sekolah ini bagus untuk pelajar sebagai pengembangan asas gotong royong.

“Koperasi Pelajar ini diharapkan menjadi salah satu artefak untuk memaslahatkan pelajar di Indonesia khususnya yang ada di Palembang ini. Selain itu koperasi ini menjadi program prioritas PP IPM di bidang Pengembangan Kreativitas Kewirausahaan (PKK) karena model tersebut mengedepankan asas gotong royong,” pungkas Imam.

Peluncuran 25 Koperasi dan Penanaman pohon dipimpin langsung Menko PMK bersama Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga serta Perwakilan Kementerian Program GNRM.

Beberapa perwakilan Kementerian Program GNRM diantaranya Kemenpan RB, Kementerian Koordinator MArves, Kementerian Koordinaor Polhukam, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, serta Kemekop dan UKM.

Selain itu hadir pula Sekda Sumatera Selatan, Sekda Kota Palembang, Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam II Sumatera Selatan, Rektor Perguruan Tinggi di Kota Palembang, Ketua Dikdasmen PWM Sumatera Selatan, dan Ketua PDM Kota Palembang.***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.