Menkeu Tegaskan Komitmen Dukung Peran Perempuan Dalam Membangun Perekonomian Indonesia

 Menkeu Tegaskan Komitmen Dukung Peran Perempuan Dalam Membangun Perekonomian Indonesia

Menkeu dalam acara “Women in Fintech: Empowering the Next Generation” di Mandarin Oriental Hotel Jakarta, Kamis (11/8). (Kemenkeu)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam membangun perekonomian dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Oleh karenanya Pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan sektor UMKM termasuk di dalamnya memperluas peran perempuan dalam membangun perekonomian Indonesia dengan berbekal penguatan di sektor digital tekhnologi.

 “Memperkuat peran wanita dengan menggunakan teknologi digital adalah salah satu yang paling penting. Karena dengan teknologi digital dan finansial tekhnologi dapat membantu perempuan melakukan aktivitasnya,” tutur Menkeu dalam acara “Women in Fintech: Empowering the Next Generation”  di Mandarin Oriental Hotel Jakarta, Kamis (11/08).

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan meskipun disibukan dengan berbagai pekerjaan rumah tangga, namun perempuan juga dapat turut berpartisipasi dalam perekonomian melalui UMKM dengan digital tekhnologi.

 “Perempuan juga dapat berpartisipasi dalam ekonomi melalui UMKM menggunakan akun dan memulai bisnis bahkan tanpa meninggalkan rumah. Hal ini juga berpotensi memperluas aktivitas perempuan dan potensi ekonomi, serta pada saat yang sama menciptakan kesejahteraan dan meningkatkan peran perempuan,” ujar Menkeu.

Untuk itu, Menkeu menyatakan komitmenya untuk menciptakan lebih banyak peluang dan produk keuangan inovatif melalui kerjasama dengan banyak pemangku kepentingan dan stakeholder untuk memperdalam inklusi keuangan. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Keuangan untuk mendukung hal itu diantaranya berupa investasi dalam sektor infrastruktur dan membuat kebijakan di bidang perpajakan bagi UMKM.

“Jadi ini semua instrumen keuangan atau anggaran yang kita gunakan secara langsung atau tidak langsung untuk memberdayakan dan memperkuat peran UKM dan perempuan,” terangnya.

Sebagai penutup, Menkeu berharap agar para pemangku kepentingan terkait dapat meningkatkan kerjasama untuk memperkuat proses pemulihan ekonomi.

 “Jadi saya berharap pertemuan hari ini akan memiliki hasil yang lebih dari Anda dan menjadi sangat produktif. Tapi saya yakin pemulihan ini tidak akan terjadi kecuali jika kita semua bekerja sama untuk memperkuat proses pemulihan ini,” tutup Menkeu.***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.