Connect with us

Kesehatan

Menkes Usulkan Dana Darurat ASEAN Diperluas Untuk Tangani Pandemi Selanjutnya

Published

on

Menkes usulkan Dana Darurat ASEAN diperluas untuk tangani pandemi selanjutnya (Foto: Kemenkes)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri pertemuan ASEAN Finance – Health Minister Meeting (AFHMM). Menkes mengatakan salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut terkait perluasan penggunaan dana ASEAN untuk menangani pandemi di masa depan.

“Sekarang di meeting ini kita usulkan agar dana tersebut, yang masih ada sisa uangnya di perluas, jadi bukan hanya untuk COVID-19 saja tapi juga bisa untuk feature pandemic,” ujar Menkes Budi, dikutip dari Rilis Kemenkes, Kamis (24/8/2023).

Menurut Menkes, dana ASEAN Fund for COVID-19 sebelumnya telah berhasil dikumpulkan sekitar 17,7 Juta US$ yang kemudian sebagian digunakan untuk pengadaan vaksin bagi negara anggota ASEAN. Adapun selisih dari dana yang terkumpul sudah dilakukan penghitungan oleh Asian Development Bank (ADB).

Menkes menambahkan, Indonesia sebelumnya juga telah menginisiasi untuk pembentukan pandemic fund pada forum G20 dan mendapatkan sambutan positif dari berbagai negara di dunia.

“Jadi bagaimana caranya supaya kita bisa mengintegrasikan istilahnya sumber-sumber keuangan tadi untuk pencegahan dan respon pandemi ini baik yang sifatnya nasional, regional maupun global,” sebut Menkes.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *