Connect with us

Kabar

Menkes Dorong PMI Perkuat Program Kerelawanan

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mendorong Palang Merah Indonesia (PMI) makin memperkuat program-program kerelawanan, seperti Palang Merah Remaja (PMR) dan Korps Suka Rela (KSR). Menkes sangat mengpresiasi kedua program PMI tersebut karena sangat bermafaat bagi masyarakat banyak.

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menyampaikan hal itu usai melakukan audiensi dengan Menkes,  Rabu (22/1/2020) di Kantor Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan. “Pak Menkes sangat mengapresiasi keberadaan PMR dan KSR. Dan mengharapkan kedua program itu terus ditingkatkan kegiatannya,” kata Sudirman, yang dalam audiensi itu datang bersama pimpinan Unit Transfusi Darah Pusat (UTDP) PMI.

Dalam pertemuan tersebut, selain memberitahukan kepengurusan baru PMI, Sudirman juga menjelaskan kerja-kerja PMI dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Merespon hal itu, Menkes menyatakan siap mensuport program kerja Sehinga PMI dapat menjalankan perannya dengan baik dalam menyediakan kebutuhan masyarakat akan darah.

Menkes Terawan dan Sudirman Said–foto istimewa

Bahkan, lanjut Sudirman,  Menkes juga bersedia menjembatani kerjasama atau kemitraan antara PMI dengan para pihak di lingkup Kemenkes, seperti dengan BUMN kesehatan, terkait program fraksionasi darah, atau pengolahan darah dengan cara memilahnya untuk menghasilkan produk-produk farmasi, seperti obat-obatan.

“Dan tadi Pak Menkes langsung menyatakan komitmennya untuk membantu PMI dalam menjalankan tugasnya memenuhi kebutuhan masyarakat akan darah, ” terang Sudirman lagi.

Paska dilantik menjadi Sekjen, Senin (20/1/2020), Sudirman langsung tancap gas. Selasa (21/1/2020) Sudirman mengunjungi kantor UTDP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Di sini Sudirman mendapat penjelasan mengenai manajemen suplai dan distribusi darah secara nasional.

Dan hari ini, Rabu (22/1/2020) Sudirman bersama pimpinan UTDP PMI melakukan audiensi dengan Menkes dan jajarannya.

Menurut Sudirman, audiensi seperti dengan Kemenkes akan terus dilakukan dengan pihak-pihak lainnya, baik dalam rangka menjajagi kerjasama maupun sosialisasi aktivitas dan program PMI. ***ton

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *