Menkes Budi: Vaksin Booster Membuat Antibodi Tubuh Meningkat Berlipat-lipat

 Menkes Budi: Vaksin Booster Membuat Antibodi Tubuh Meningkat Berlipat-lipat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin /foto: rahmat, humas setkab

JAYAKARTA NEWS— Bagi yang belum menerima vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga, diminta segera mengambil kesempatan itu karena vaksin booster membuat kadar antobosi berlipat-lipat jika dibanding penerima dosis kedua.

Demikian diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (31/05/2022).

Peningkatan kadar antibodi tersebut, ujar Menteri Budi, bukan hanya melindungi diri sendiri tapi akan sangat melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19.

“Data yang kita lihat dari dua Sero survei terakhir kepada masyarakat yang sudah divaksinasi (lengkap) dan divaksinasi boosterbooster itu meningkatkan kekebalan tubuh kita, meningkatkan kekuatan antibodi kita atau menguatkan kadar antibodi kita itu berlipat-lipat kali. Rata-ratanya itu 300-400 kalau dua kali, tapi kalo begitu di-booster naiknya ribuan, rata-ratanya itu mendekati 6.000 titer antibodinya,” ujar Menkes seperti dikutip dari laman setkab.go.id  

Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, ujar Budi, pemerintah akan terus meningkatkan laju vaksinasi booster yang hingga saat ini baru mencapai sekitar 25 persen. Menkes pun memastikan stok vaksin yang ada di tanah air mencukupi untuk kebutuhan vaksinasi bagi masyarakat.

“Arahan Bapak Presiden juga sekaligus untuk mempercepat stok vaksin yang banyak yang ada di daerah-daerah sekarang, itu segera menerapkan booster,” ujarnya.***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.