Menikmati Peninggalan Bersejarah Simalungun

 Menikmati Peninggalan Bersejarah Simalungun

DI Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara terdapat Museum Simalungun yang menyimpan berbagai jenis koleksi. Museum ini berada di Jalan Sudirman No.20 di Kota Pematang Siantar. Museum Simalungun juga mempunyai sejarah, pada April 1936 Museum ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga sejarah serta kebudayaan Simalungun.

Museum Simalungun didirikan dan diprakasai oleh tujuh orang raja Simalungun beserta utusan Pemerintah, tokoh masyarakat, dan pada pertemuan Harungguan. Nama pertama awal berdiri museum ini adalah Rumah Pusaka Simalungun.

Namun seiring berkembangnya zaman nama tersebut akhirnya diganti. Dan pada Desember 1939 proses pembangunan rampung dan diresmikan pada tanggal 30 April 1940. Kemudian Museum ini dikelola selama 14 tahun oleh Yayasan Museum Simalungun (YMS) yang didirikan pada 27 September 1954.

Koleksi entografi dan arkeologi di Museum Simalungun saat ini berjumlah 975 buah lebih. Ketika wisatawan berkunjung pasti akan disuguhkan dengan kebudayaan Simalungun yang ingin mendalami lebih tentang Simalungun.

Berbagai benda yang identik dengan antropologi, kesenian, peralatan sistem mata pencaharian  dan segala yang bersangkutan dengan Simalungun ada di sini. Lalu ada juga etnografi yang berasal dari bahasa latin dari ethnos dan graphia yang juga menjadi bagian dari antropologi.

Koleksi-koleksi yang bisa disaksikan seperti Pingga pasu yakni piring yang digunakan khusus untuk para raja. Tempat menyimpan garam atau dalam bahasa Simalungun disebut Abal-abal, ada juga tempat menyimpan beras yang disebut Parborason, tempat menyimpan ikan atau Taduhan, dan tempat untuk menyimpan ari atau Tatabu dan masih banyak lagi. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *