Menikmati Danau Toba dari Taman Pinus

 Menikmati Danau Toba dari Taman Pinus

Kawasan Danau Toba banyak memiliki spot untuk menikmatinya. Salah satu spot adalah Sipinsur yang terletak di Desa Pearung, Kecamatan Peranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Untuk menjangkau Toba, dari Kota Medan bisa melalui dua jalur darat antara lain, via Parapat menuju Porsea lalu Balige kemudian Dolok Sanggu. Setelah Dolok Sanggul ada persimpangan, dari simpang tersebut masuk Sipinsur sekitar 20 menit. Satu rute lagi via Berastagi menuju Kabanjahe lalu ada simpang Sidikalang ke Dolok Sanggul.

Perlu diketahui, wisatawan juga dapat menggunakan jalur udara melalui bandara Silangit, lanjut ke Sipinsur. Waktu tempuh dari bandara Silangit ke Sipinsur hanya berkisar 25 menit. Saat ini, ada beberapa maskapai yang membuka rute, dari Jakarta ke Silangit, Halim ke Silangit atau sebaliknya. Maskapai Garuda, Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya, juga ada. Sementara dari Kualanamu ke Silangit juga ada Wings Air. Kemudian dari Kuala Lumpur ke Silangit ada Air Asia.

Bagi yang memilih menginap di Sipinsur, memang belum tersedia hotel. Tetapi bisa menuju Balige, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. “Seperti tamu-tamu saya datang dari luar Sumatera Utara, misalkan dari Bandung, Jakarta, Yogya dan dari Kuala Lumpur, kami bawa jalan-jalan ke Huta Ginjang, yang memiliki spot view indah buat berfoto-foto. Seakan di awan,” ujar salah seorang pelaku pariwisata, Etty Tamba melalui telepon genggamnya kepada Jayakartanews.com, Kamis (13/12).

Etty melanjutkan perjalanan wisatanya ke ke Museum TB Silalahi untuk memperkenalkan budaya Batak. Di sekitar museum, wisatawan bisa melihat dari dekat proses tenun ulos. “Jadi para tamu di samping ditawarkan keindahaan alam Danau Toba juga diperkenalkan sejarah dan budaya. Guide kami sudah merancang itinerary dengan baik. Guide kemi berlisensi,” jelas Etty yang baru lima tahun menggeluti industri pariwisata ini.

Di sela pembicaraan Etty menjelaskan, beberapa hari lalu para pelaku pariwisata mengadakan even North Sumatera Travel Mart (NSTM) di Samosir dan dihadiri para agent travel berbagai daerah. Para agent dibawa ke Sipinsur dan salah satu agent dari Kalimantan, bertanya, “Apa highlight di Sipinsur ini? Kemudian saya jawab banyak, lalu saya jelaskan bahwa Danau Toba ini luas, jadi ada tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba, dan masing-masing memiliki keberagaman budaya, bahasa, adat istiadat,” ujar Etty. Setelah dijelaskan agen Kalimantan bilang bulan Januari 2019 nanti ada grup yang akan berkunjung ke Danau Toba sekitar 20 orang.

Kemudian Etty mengatakn menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, sekarang, harga tiket akan mengalami kenaikkan. Untungnya, tidak terlalu bermasalah bagi Etty. “Mereka sebagian tamu instansi yang sudah meng-arrange acara jauh-haru hari. Satu bulan bias empat kali tamu grup dari luar Sumatera Utara. Jumlah per grup rata-rata sepuluh orang,” tambahnya. (monang s)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *