Connect with us

Kabar

Menghidupkan ‘Rumah Nin’ di Tembi

Published

on

Dyah Merta, Ninuk Retno Raras, dan Yanti S. Sastro (ist)

Jayakarta News – Komunitas Sugenyi tampil mengolah cepren karya Retno Darsi Iswandari, yang berjudul ‘Ramalan Gelap’ menjadi pertunjukan sastra di Sastra Bulan Purnama, Tembi Rumah Budaya, dengan iringan satu pethikan gitar.Komunitas Sugenyi terdiri dari Yantoro, Rieta En, Luwi Darto dan seorang pemetik gitar.

Sejumlah perempuan dari berbagai kota, dan latar belakang yang bebeda-beda,  yang semuanya suka menulis, bersama ‘menghidupkan’ Rumah Nin di Sastra Bulan Purnama edisi 95, yang diselenggarakan Senin 19 Agustus 2019 di Amphytheater Tembi Rumah Budaya, jl. Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Sejumlah perempuan tersebut datang dari Semarang, Malang dan Yogyakarta. Mereka memiliki aktivitas yang berbeda, ada yang berprofesi sebagai dosen, pegawai swasata, penulis, guru dan tentu ibu rumah tangga. Dari 7 perempuan yang hadir, 3 di antaranya tidak bisa datang, dan beberapa pembaca lainnya, termasuk ada pembaca laki-laki. Mereka menghidupkan Rumah Nin di Sastra Bulan Purnama Tembi Rumah Budaya.

Dyah Merta

Apa itu Rumah Nin dan Menghidupkan?

Rumah Nin adalah judul antologi cerpen karya 10 cerpenis perempuan. Cerpen-cerpen itu dibacakan sebagai bentuk untuk menghidupkan teks yang beku, menjadi teks yang bisa ‘didengar’. Masing-masing cerpenis membacakkan karyanya, memang tidak utuh, tapi diambil penggalannya agar hedirin tidak jenuh mendengarkan.

Dyah  Merta, seorang penulis yang tinggal di Yogya, seperti sedang merindukan menjadi seorang pengantin. Maka, dia membaca cerpen karyanya yang berjudul ‘Pengantin’. Cerpennya menjadi terasa hidup, mungkin karena imajinasi Dyah Merta untuk menjadi pengantin masuk di dalamnya.

Rosana Hariyanti, yang biasa dipanggil Ocha, seorang pengajar Jursan Bahasa Perancis di FIB Unibraw membacakan cerpennya yang berjudul ‘Rumah Nin’. Ocha seolah seperti memilih Rumah, yang kemudian ditinggali Nin. Padahal Nin tinggal di Yogya, dan Ocha sangat kenal dengan nama itu. Tapi Nin dalam cerpen Ocha bukan Nin yang dia kenal dan tinggal di Yogya. Mungkin, Nin itu adalah dirinya sendiri.

Ada pembaca yang lain, meskipun baru pertamakali membaca cerpen di Sastra Bulan Purnama, mungkin karena sudah terbiasa berbicara di depan kelas mengajar mahasiswa di FEB UGM, ia seperti sudah terbiasa membacakan karya sastra, Nurul Indarti namanya, seorang dosen di FEB UGM, membacakan cerpen karya Endah Raharjo yang berjudul ‘Pohon Kenanga di Halaman Belakang Rumah’.

Menakjubkan, Nurul bisa menggadirkan dramatik dati cerpen karya Endah, Membacanya lancar, intonasinya jelas, dan bisa membedakan karakter dari tokoh yang satu dan tokoh lainnya, sehingga masing-masing tokoh nada suaranya berbeda.

Yanti S. Sastro

Yanti Sastro, seorang pengajar dari Undip, Semarang, mengawali membaca cerpennya dengan tembang. Seolah dia sedang membangun suasana, dan begitu masuk membacakan cerpennya, Yanti seperti ‘menyihir’ orang untuk mendengarkan.

Ninuk dan Rani bersama membacakan satu cerpen karya Ninuk. Keduanya seperti sedang melakukan dialog, sehingga cerpen berjudul ‘Pohon Trembesi Ibu’, yang dibacakan dua orang ibu, memberikan kesan yang menyenangkan.

Lain lagi dengan Endah Sr dia merekam cerpennya dan diiringi musik. Lalu dia tampil dengan gerak-gerak bangau putih, seolah sedang menari, sementara dia terus bergerak, suara dan musik menyertai dalam pembacaan cerpen yang sudah direkam, Endah memang mempunyai teknis tersendiri dalam membaca. Tidak sampai disitu, selesai gerakan dia membaca satu aliena cerpennya.

“Supaya afdol, saya juga akan membaca cerpen saya, hanya pendek, satu alinea saja” kata Endah Sr.

Ida Fitri sedang merindukan laki-laki, dalam cerpennya ‘Lelaki dari Negeri Bianglala’. Mestinya, yang merindukan laki-laki Dyah Merta, dalam imajinasi pengantinnya. Seperti bianglala yang penuh warna, jarik yang dikenakan Ida seperti bianglala. Mestinya, Ida dan Dyah, diminta membaca bersama, agar klop, antara ‘lelaki’ dan ‘pengantin’ keduanya merindukan bianglala.

Ini pembaca tamu yang tidak terduga.Seorang rektor universiats swasta di Yogya, ternyata membaca cerpen dengan bagus. Suaranya mantap, dan cerpen Yeni Mada, yang berjudul ‘Rabu Kaba’ sungguh ‘dihidupkan’ dengan suara mantap dari Fathul Wahid, Rektor UII Yogya.

Begitulah, Rumah Nin telah dihidupkan bersama di Tembi, dan penghuninya menikmati. (*/rr)

Ninuk Retno Rarars
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *