Menelisik Momen-momen Membingungkan Produk Google Maps Street View

 Menelisik Momen-momen Membingungkan Produk Google Maps Street View

 

KAMI yakin sekarang ini tidak sedang berhadapan dengan pembaca yang hobby menyebarkan hoax, berita bohong, sehingga tidak tergaga-gaga, lantas menyebarkan foto di atas sebagai ada penampakan hantu di siang hari bolong.

Foto tersebut –dan akan ditampilkan beberapa lainnya di tulisan ini–  kesannya bisa dianggap lucu atau norak. Persepsi masing-masing orang. Tapi, kemana gerangan badan hingga kaki wanita yang sedang memotret tersebut. Itu terjadi, bukan “sotoshop”, plesetan untuk mereka yang gemar otak-atik gambar dengan mengggunakan jasa pengolah foto “Photoshop.”

Salah satu layanan yang diberikan Google adalah Maps. Untuk meng-update map-nya, Google mengoperasikan mobil untuk keliling wilayah tugasnya dengan dibekali kamare  360 derajat. Mobil Google seperti itu difungsikan untuk memetakan wilayah di seluruh dunia.

Namun, terkadang hasil kerja yang didapat dari kamera 360 derajat seperti itu  dapat menyebabkan masalah, terutama ketika kamera tersebut menangkap objek yang bergerak, seperti orang atau binatang yang sedang lewat.

Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan dan ilusi optik yang menyeramkan, seperti terjadi kecelakaan.

Pada foto di atas, seorang pemuda tertangjap kamera 360 derajat Google Maps View.  Pria itu sedang berjalan sendirian melalui sebuah plaza yang sibuk,  ketika tertangkap kamera yang dibawa mobil Google.

Pria itu mengenakan T-shirt abu-abu, celana jeans dan pelatih, separuh tubuhnya hilang dalam gambar. Tapi, citra yang dihasilkan kamera 360 Google menunjukkan bahwa kepala kepala pemuda itu,  setengah badan dan kakinya telah hilang sama sekali.

Namun, ilusi itu juga menangkap seseorang di belakangnya pada saat bersamaan. Pria lain yang berjalan dengan rekannya juga menjadi bagian dari ilusi optik. Berkat gambar yang disambung, sepertinya pria pertama memegang pria kedua seperti bayi. Tangannya berada di belakang punggung orang kedua, membuatnya terlihat seperti manusia dewasa yang dibawa.

Penampakan yang lucu bukan, meski tidak nyata, menyebabkan bahan tertawan kalangan netizen.  Kemudian dalam gambar, pria kedua terlihat berjalan ke kejauhan dengan wanita itu, ditangkap dua kali secara tidak sengaja.

 

Weird-Google-Maps-glitches (7) - Copy

Ilusi optik sering muncul di Google Maps, ditemukan oleh pengguna yang cerdas. Kesalahan yang agak ganjil terlihat di IKEA di Montreal, dimana seorang pria muncul 15 kali dalam pose yang sama.

Kesalahan itu berarti pria itu bisa membuat pose lucu di kamera dan terlihat seperti dia telah dikloning.

Apa yang sebenarnya terjadi, bagaimanapun, adalah mobil mengambil foto saat melewati cermin, menemukan dirinya dalam pantulan. Itulah efek penggunaan kamera 360 derajat.

Ya, itu  terjadi karena Google menggunakan kamera 360 derajat untuk menangkap panorama tempat dari seluruh dunia. Ketika gambar digabungkan, mereka menciptakan apa yang disebut “Foto 360°.”

Ini foto 360° yang memungkinkan Anda memilih lokasi di peta Anda dan melihat tampilannya di Street View. Tapi, ketika gambar-gambar ini dikumpulkan, hal lain yang terjadi adalah tumpang tindih. Dan saat itulah hal-hal mulai terlihat aneh.

Sebagian besar dari kita bahkan tidak memperhatikan gambar-gambar aneh ini, karena sedikit dari kita memperbesar foto itu secara dekat. Namun, seniman digital Kyle F. Williams telah mengumpulkan gambar-gambar aneh ini selama bertahun-tahun. Dan beberapa gambar dalam koleksinya sangat terdistorsi sehingga hampir mengganggu.

Weird-Google-Maps-glitches (12)

Tapi jangan khawatir. Gambar-gambar ini tidak menangkap snapshot kejahatan mengerikan yang terjadi. Mereka hanyalah produk alami dari gambar yang ditangkap dengan kamera yang sedang bergerak. Jadi, sedikit banyak, mereka lebih mirip seni. Dan itu membuat mereka cukup menghibur.

 

Weird-Google-Maps-glitches (16)

 

Weird-Google-Maps-glitches (5) - Copy

Jika Anda menikmati tulisan ini, Anda mungkin juga ingin melihat helikopter baru yang aneh yang sebenarnya adalah mobil, atau pengakuan jujur ​​karyawan bandara.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *