Mendagri dan Menko Polhukam Tegaskan Tidak Ada Penundaan Pilkada

 Mendagri dan Menko Polhukam Tegaskan Tidak Ada Penundaan Pilkada

Mendagri Tito Karnavian. (foto: ist)

Jayakarta News – Dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan kepada awak media bahwa dipastikan tidak akan ada penundaan pilkada yang tetap dilaksanakan pada Desember 2020.  

“Kunjungan ke Kepulauan Anambas ini juga sekaligus untuk menjajaki kemungkinan pilkada serentak. Pemerintah ingin memastikan Pilkada tidak akan bergeser dari 2020. Pilkada tetap akan diselenggarakan 9 Desember 2020,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD. 

Dalam kesempatan itu juga Mendagri menyampaikan bahwa, tidak ada jaminan covid akan selesai 2021, karena tidak ada satupun ahli bisa memastikan di dunia ini. 

“Kalaupun ada vaksinnya baru tahun depan, belum persoalan distribusinya. Kalo spekulasi tahun depan yang belum tentu covidnya selesai, kenapa ditunda tahun depan. Kalau lihat 60 negara di dunia semua on schedule, seperti Amerika, November tahun ini melaksanakan pemilu yang lebih besar dari kita. Semua on schedule, Jerman, Perancis juga melaksanakan.” Jelas Tito.

Tito menyampaikan bahwa Anambas masuk dalam 270 daerah yang akan melaksanakan Pilkada. Ia sudah meminta kepada Bupati agar anggaran pilkada untuk KPUD dan Bawaslu daerah, termasuk untuk menambah protokol kesehatan, APD petugas lapangan dan masyarakat pemilih segera dicairkan, agak dapat segera dilaksanakan.

Mendagri menegaskan, “Apalagi kita sudah melaksanakan tananan baru, termasuk juga di politik terutama pilkada, karena 270 kepala daerah ini sudah ada batasnya harus diganti, kalau ditunda, maka akan ada PLT dan kewenangannya terbatas, karena mereka tidak dipilih oleh rakyat.” (AM)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *