Medsos sebagai Gaya Hidup Amrik, Begitu Juga Anda?

 Medsos sebagai Gaya Hidup Amrik, Begitu Juga Anda?

Di mana pun kapan pun aktif di sosmed. Begitukah Anda juga. (Foto: AP/Darron Cummings, File)

Di mana pun kapan pun aktif di sosmed. Begitukah Anda juga. (Foto: AP/Darron Cummings, File)

BERAPA kali sehari Anda memeriksa atau mengecek notifikasi atau meng-update Facebook, Instagram, Twoo, twitter atau yang lainnya melalui smartphone Anda? Sekali, dua kali atau lima kali sehari?

Tidak usah malu, gaya hidup semacam itu bukan hanya Anda sendiri kok yang melakukannya. Orang-orang Amerika juga seperti banyak orang, tidak bisa melepaskan diri dari media sosial seperti Facebook. Kenyataannya, medos adalah cara hidup sehari-hari bagi banyak orang Amerika.

Menurut survei, bahkan hampir separuh  orang Amerika yang terhubung dengan  internet, mereka adalah member aktif di Facebook. Mereka ini  setidaknya beberapa kali sehari log in di FB. Karuan saja, kebiasaan ini membuat situs yang belakangan ini sedang bermasalah dengan persoalan data privasi penggunanya itu, menjadi  situs media sosial paling populer di negeri Paman Sam.  Instagram yang juga satu grup kompeni dengan  Facebook, duduk di urutan kedua.

Bagaimana kebiasaan Anda setiap hari, selepas bangun pagi? Apakah Anda begitu bangun sebelum beranjak dari peraduan lantas menggapai ponsel, mengecek notifikasi? Apakah  lebih sering menunda mandi  sebenatar untuk mengeklik  ikon “F ″ kecil berwarna biru di ponsel Anda daripada buru-buru mandi?

Sebuah laporan dari AP menyebutkan, berdasarkan jajak  pendapat baru yang dilakukan  The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research ditemukan bahawa 12 persen orang Amerika yang online menggunakan Facebook “hampir terus-menerus,”  34 persen lainnya mengakses FB  beberapa kali sehari. Sekitar 15 persennya sekali sehari. Data juag menyebutkan,  hanya 12 persen orang Amerika yang internetan tidak memiliki akun Facebook.

Pada umumnya yang rajin log in di FB adalah wanita. Perempuan  memeriksa Facebook lebih dari sekali sehari – 57 persen wanita sedangkan pria 36 persen.

Pemilik akun FB juga kebanyakan orang-orang muda ketimbang yang usia lebih tua. Sekitar 62 persen orang dewasa berusia  di bawah 30 log in FB  beberapa kali sehari atau lebih, sementara hanya 30 persen orang dewasa yang berusia 60 atau lebih. Sekitar 54 persen orang dewasa 30 hingga 44 tahun memeriksa beberapa kali sehari, seperti halnya 43 persen orang dewasa berusia 45 hingga 59 tahun.

Facebook membuat orang kecanduan. Orang menyadari ini, tetapi tidak bisa melepaskan diri dari FB. Sebagai gambaran, Jim Mazzarese, 73, seorang pensiunan manajer penerbangan dari Ft. Lauderdale, Florida, adalah salah satu warga senior yang memeriksa Facebook di teleponnya beberapa kali sehari ketika dia mendapat notifikasi.

“Ini membuat saya gila, ketika saya melihat pendapat selain saya, itu membuat tekanan darah saya naik – tetapi itu sangat menyenangkan,” katanya. Dia menghargai bagaimana Facebook membiarkannya terhubung dengan orang-orang dari ketika dia tumbuh “100 tahun yang lalu.”

Bagaimana dengan situs media sosial lainnya?

Tujuh belas persen orang Amerika mengatakan mereka memeriksa Instagram sepanjang hari, dan 10 persen mengatakan bahwa tentang Snapchat. Untuk semua perhatian yang diperoleh Presiden Donald Trump untuk tweet-nya, hanya 7 persen orang Amerika mengatakan mereka menggunakan situs micro-blogging beberapa kali sehari. Hanya 5 persen yang mengatakan mereka menghabiskan banyak waktu di WhatsApp, dan 4 persen mengatakan hal yang sama tentang Reddit.

Apakah benar-benar sehat untuk masuk dengan Facebook begitu banyak?

Dalam posting blog pada bulan Desember, Facebook mengakui bahwa pengguna harus memperhatikan masalah ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology pada bulan yang sama menemukan mahasiswa Universitas Michigan secara acak ditugaskan untuk membaca Facebook selama 10 menit berada dalam suasana hati yang lebih buruk pada akhir hari daripada siswa yang ditugaskan untuk mengirim atau berbicara dengan teman di platform.

Sementara itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh direktur riset Facebook David Ginsberg dengan seorang profesor Carnegie Mellon menunjukkan bahwa mengirim atau menerima pesan langsung atau posting dan komentar pada timeline seseorang cenderung untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Di seluruh dunia, Facebook memiliki 1,4 miliar pengguna aktif harian dari total 2,2 miliar, sehingga pengguna Facebook paling aktif mendaftar setidaknya sekali sehari. Warga Indonesia masuk dalam lima besar pengguna Facebook di dunia.

Apa yang Anda rasakan manfaatnya dengan aktif di Facebook? Tuliskan komentar Anda di kolom yang tersedia di bawah artikel ini…. 🙂

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *