Medan Jurnalis Club Lakukan Donor Darah

 Medan Jurnalis Club Lakukan Donor Darah

Presidium Medan Jurnalis Club, Muhammad Asril saat mendonorkan darahnya dalam kegiatan bakti sosial di UTD PMI Medan. (Foto. Ist)

Jayakarta News – Untuk membantu ketersediaan stok darah, Medan Jurnalis Centre (MJC) melakukan bakti sosial donor darah, Senin (20/4/2020). Kegiatan ini langsung dilakukan di Kantor Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD – PMI) Kota Medan Jl Perintis Kemerdekaan, No. 37, Kota Medan, Sumatera Utara.

Hal itu dilakukan dikarenakan telah berkurangnya stok darah yang dimiliki PMI Medan. Ternyata situasi pandemi global Covid-19 ini bukan saja berdampak terhadap ekonomi, kehidupan serta kesehatan, melainkan  mengakibatkan stok darah PMI berkurang.

Keadaan itu pun mendapat respon Presidium Medan Jurnalis Club, Muhammad Asril. Dan ia mengatakan kegiatan bakti sosial (baksos) ini murni aksi kemanusiaan dan sosial. “Medan Jurnalis Club memang kumpulan wartawan yang concern ke aksi sosial. Selain diskusi tematik, kita juga gelar baksos-baksos,” ujar Asril.

Lanjut Asril yang juga wakil Ketua DPD KNPI Sumut itu menjelasakan, aksi baksos kali ini kebetulan sedang bersamaan dengan bencana pandemi Covid-19. “Ya artinya baksos donor darah ini sekaligus membantu PMI dalam menyediakan stok darah di Medan karena stoknya di bawah rata-rata terdampak Corona,” jelas Asril.

Beberapa orang saat mendonorkan darah dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Medan Jurnalis Centre. (Foto. Ist)

Di tempat yang sama, Humas PMI Medan M. Ispan Lubis mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Medan Jurnalis Club. Ispan mengatakan stok darah yang stabil rata-ratanya 1.500 kantong. “Awal April kemarin stok kita berkurang sampai di bawah angka 500 kantong. Artinya stoknya di bawah rata-rata atau memang gak stabil,” kata Ispan.

Ketidakstabilan itu kata Ispan, memang dipengaruhi pandemi Covid-19. “Ya sejak Covid-19 ini memang turun. Banyak pendonor yang belum mendonor. Tapi sejak ada instruksi Ketum PMI Bapak Jusuf Kalla agar TNI/Polri ikut mendonor, stok mulai normal kembali,” kata Ispan.

Disinggung soal permintaan darah, Ispan menyebut permintaan terbilang stabil seperti sebelum Covid-19. “Hanya saja yang mendonor berkurang. Jadi stok menipis pada awal April kemarin,” ungkap Ispan.

Ispan pun mengajak bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya. “Bila enggan ke luar rumah karena covid, kami bersedia datang ke warga. Dengan syarat minimal ada lima pendonor. Bisa hubungi kami di nomor 08116801777,” tukas Ispan. (*/Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *