Connect with us

Entertainment

‘Mbutik’ Karya Sineas Tegal Gaet 3 Penghargaan Internasional

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Tegal, kota di pantura adalah ibukota Kabupaten Brebes. Dikenal sebagai kota bawang merah karena penghasilan utama penduduknya adalah memanam, memanen dan menjual bawang merah ke kota lain.

Baru-baru ini, mendadak sontak nama kota Tegal meroket di bidang budaya khususnya film.
Seorang sineas (sutradara dan sinematografer) asal Tegal, Rizal Wimba (39 tahun) menggaet 3 penghargaan dalam Festival Film Internasional.

Karya Rizal Wimba bertajuk ‘Mbutik’ (petani bawang merah) baru saja diputar di pendopo Kabupaten Tegal untuk pertama kalinya dan memperoleh sambutan hangat dari warga Tegal.
‘Mbutik’ pertama menggondol penghargaan film drama terbaik (durasi 90 menit) di Dimensions Independent FF di Ubud, Bali.

Kemudian, dua awards lagi diperoleh Mbutik lewat ajang sebagai film feature terbaik di FF India. “Saya memperkenalkan kearifan lokal Tegal kepada dunia. Film ini seluruhnya menggunakan bahasa Jawa dialek Tegalan (atau bahasa ngapak) dengan subtitle bahasa Indonesia dan bahasa Inggris” ujar Rizal Wimba alias Fahrizal Subkhi.

‘Mbutik’ berkisah tentang perjuangan seorang anak bernama Rara, gadis berusia 19 tahun yang bekerja sebagai tukang mbutik (petani bawang merah) guna membantu ekonomi orang tuanya.
Rara menjual hasil panennya (setelah dipanen lalu dijemur sebelum dipasarkan) agar harga bawang merah membaik akibat permainan nakal para pengijon dan mafia bawang.

Seluruh syuting dilakukan di Tegal dan pelakon adalah anak-anak teater lokal seperti Silvia Fergina Debi Putri dan Basarah Eko. “Bawang merah menjadi ikon kota Tegal dan slogan pariwisatanya adalah Amazing Tegal,” imbuh Rizal Wimba.

Memulai karirnya tahun 2005 sebagai penata artistik di dunia film. Meningkat di tahun 2009 menjadi asisten kamera TV, iklan dan layar lebar.

Karyanya berjudul ‘Silent Hero (es)’ pernah meraih penghargaan sebagai pendatang baru terbaik yang dimainkan Nirina Zubir di ajang FFI.

Sebagai sinematografer, beberapa karya Rizal Wimba cukup mendapat apresiasi dari insan film, diantaranya ‘Temaram’, ‘Menunggu Bunda’ (sutradara Richard Oh), ‘Bisik Hati Lara’ dan ‘Love in Game’. Amazing Rizal Wimba. Amazing Tegal. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *