Marlupi Dance Academy Pentaskan Rama dan Sinta

 Marlupi Dance Academy Pentaskan Rama dan Sinta

SUKSES  menggelar pertunjukan ‘Si Kabayan’ pada Oktober 2015 lalu, Marlupi Dance Academy (MDA) akan mementaskan karya terbarunya. Pementasan ini diangkat dari epos Ramayana,  ‘Rama dan Sinta’.

Cerita yang sangat dikenal dalam lakon pewayangan di wilayah Nusantara itu,  dikreasikan oleh Yuniki Salim dan Fifi Sijangga yang bertindak sebagai direktur artistik. Kreasi ini pun menambah daftar  produksi MDA untuk tahun ini. Yuniki Salim mengatakan cerita ‘Rama dan Sinta’ adalah kisah pewayangan yang dekat dengan masyarakat Indonesia.

“Kebetulan Rama Sinta salah satu cerita pewayangan yang sudah diadaptasi, jadi salah satu cerita di Nusantara,” tutur Yuniki Salim.

‘Rama dan Sinta’ menceritakan tentang kisah dua sejoli yang hidup bahagia di dalam hutan. Mereka ditemani oleh Laksamana yang merupakan saudara sepupu dari Rama dan seekor burung bernama Jatayu yang setia menemani Sinta.

Suatu hari Sinta melihat seekor kijang emas dan meminta Rama untuk menangkapnya. Ketika Sinta sendirian, Rahwana yang terpesona dengan kecantikan Sinta menyamar menjadi seorang pengemis supaya Sinta iba dan keluar dari lingkaran perlindungan.

Di pertunjukan MDA kali ini, penari balet pria Michael Halim akan berperan sebagai Rama. Sedangan Nadia Mulyono dan Siti Soraya keduanya bakal bergantingan menjadi Sinta. Desainer kostum pertunjukan dikerjakan oleh Didi Budiardjo dan Rinaldy A Yunardi dengan aksesori, serta Felix Christianto sebagai direktur musik.

Direktur Artistik MDA Fifi Sijangga berharap agar balet Indonesia bisa menampilkan ciri khas Tanah Air. “Saya ingin balet di indonesia lebih maju lagi dengan menampilkan ciri khas Indonesia juga supaya masyarakat lebih mencintai cerita indonesia yang dituangkan di dalam balet,” tutur Fifi Sijangga.

Pertunjukan ‘Rama dan Sinta’ dipentaskan di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), pada 28-29 Oktober 2017.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *