Connect with us

Kabar

Mahfud MD Undang Tokoh Buruh Dialog Soal RUU Cipta Kerja

Published

on

Jayakarta News – Menko Polhukam Mahfud MD, Rabu (10/6/2020) mengundang pimpinan serikat pekerja atau serikat buruh untuk berdialog dan mencari masukan, terkait RUU Cipta Kerja.

Hadir dalam pertemuan yang diinisiasi Menko Polhukam itu antara lain: Andi Gena Nuna Wea (Presiden KSPSI), Said Iqbal (Ketua KSPI), Elly Rosita (Ketua KSBSI), dan sejumlah tokoh serikat pekerja lainnya.

Dari pihak pemerintah selain Menko Polhukam Mahfud MD sebagai tuan rumah, hadir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

“Lewat pertemuan ini kita bisa saling bertukar pikiran mengenai Omnibuslaw tenaga kerja. Diharapkan kita ada keyakinan dan pikiran yang sama, untuk dapat meningkatkan  martabat dan kesejahteraan tenaga kerja,” ujar Mahfud MD.

Sementara Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah langkah penting dalam kesehatan. Karena kesehatan menjadi pusat isu dari pandemik  yang berdampak sangat luas bagi pekerja.

“Jadi dua hal yang ingin diselesaikan pemerintah, yaitu memutus mata rantai dari pandemiki itu sendiri dan memutus mata rantai dari dampak PHK. Ini memerlukan kerjasama yang erat dengan serikat pekerja,” ujar Airlangga.

Pada pertemuan ini, para pimpinan organisasi buruh mengapresiasi inisiatif pemerintah untuk berdialog.

Meski begitu, mereka berharap agar pembahasan dilakukan secara intens dan detail, agar masukan buruh pada RUU Cipta Kerja sungguh-sungguh bisa terpenuhi.

Agar semua serikat pekerja terwakili dalam menyampaikan masukan, Kemenko Polhukam mengadakan dua sesi dialog: siang dan malam.

Sesi siang dihadiri oleh 9 organisasi atau serikat pekerja, malam harinya melibatkan tujuh serikat pekerja dan sejumlah buruh.

Dialog hari ini adalah pertemuan kedua yang diinisiasi oleh Menko Polhukam terkait upaya menghimpun masukan para pekerja dan buruh tentang RUU.

Para pimpinan serikat pekerja mengapresiasi Mahfud MD yang membuka kesempatan dialog terbuka tersebut. Diharapkan, lewat diskusi ini permasalahan dan aspirasi yang muncul bisa didengar. (AM)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *