Madani Film Festival 2019 Dibuka

 Madani Film Festival 2019 Dibuka

Madani Film Festival 2019

JAYAKARTA NEWS— Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi membuka Festival Film Internasional Madani 2019 yang digelar di Epicentrum, Jakarta, Senin (21/10).

“Festival ini memberikan kesan menarik. Dan saya bersyukur Madani Film Festival digelar di Jakarta yang warganya tiap hari makin sibuk ini,” ujar Anies.

Dalam Festival yang akan berlangsung 27 Oktober 2019 dan diikuti beberapa negara dari Asia, Afrika, Amerika serta negara-negara muslim dari Timur Tengah ini sangat penting bagi Indonesia sebagai negara tuan rumah karena merupakan pertukaran ide, pengalaman dan imajinasi.

“Ceritanya beragam, tentang keseharian kita,” tegas Anies yang berjanji Pemprov DKI akan memfasilitasi lebih jauh lagi di tahun-tahun mendatang.

Mengusung tema ‘Recinsile : Celebrating Muslim Diversity’ yang berarti ‘menyatukan’ atau dalam bahasa Arab adalah ‘ishlah’ (perdamaian, penyatuan kembali). Konflik horisontal masih tampak keras dan mengeras di berbagai belahan bumi.

“Film membingkai realitas yang ditatapnya dalam jendela untuk memahami apa yang terjadi di dunia ini,” ungkap Dr Kajian Film, Ekky Imanjaya. Di sini, Madani menyediakan wahana agar jendela-jendela itu bisa kita tatap, membantu melongok dunia Islam yang penuh warna dan tampak bergejolak di sana sini dengan tenang dan reflektif.

Sedangkan Festival Board Madani FF 2019, Garin Nugroho yang juga seorang sineas berharap lewat film-film Madani yang beragam, maka jalan tafsir perbedaan sebagai muara keindahan masyarakat sipil adalah sebuah usaha tak henti.

Dalam pembukaan Madani FF, diputar film dari Mesir berjudul ‘Yomeddine’ (Judgement Day) karya Abu Bakr Shawky. Film ini terpilih sebagai nominasi utama Palme d’Or, kompetisi Cannes FF 2018 dan memenangi Francoise Calais Prize. Sedangkan film penutup ‘3 Faces’ karya terbaru sutradara terkenal Iran, Jafar Panahi, yang juga terpilih dalam ajang kompetisi Cannes FF 2018 dan memenangi penghargaan untuk skenario terbaik. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *