LSI Denny JA Beberkan Skenario yang Dapat Gagalkan Pasangan Ganjar-Airlangga

 LSI Denny JA Beberkan Skenario yang Dapat Gagalkan Pasangan Ganjar-Airlangga

Foto: dok. LSI Denny JA

JAYAKARTA NEWS— Jika Ganjar – Airlangga Hartarto menang, ini skenario PDIP pasca Megawati. Ganjar menjadi Presiden RI 2024 – 2029. Puan Maharani menjadi Ketua Umum PDIP dan Ketua DPR 2024 – 2029.

Demikian paparan peneliti dari LSI Denny JA, Senin (10/10/2022). Peneliti juga menjelaskan tentang kemungkinan yang dapat menggagalkan pasangan Ganjar-AH. Berikut paparannya.

Skenario Pertama, menjelang pendaftaran Pilpres 2024 (September 2023), elektabilitas Puan Maharani melejit melampaui Ganjar.  Maka PDIP akan mencalonkan Puan sebagai Capres.

Atau menjelang pendaftaran Pilpres 2024 (September 2023), elektabilitas AH melejit melampaui Ganjar. Maka KIB akan mencalonkan AH sebagai Capres.

Skenario Kedua yang bisa mengubah pasangan Ganjar – AH, adalah elektabilitas Prabowo dan Anies Baswedan melejit. Maka Prabowo dan Anies lebih menjadi pilihan Capres bagi AH.

Skenario Ketiga yang bisa mengubah pasangan Ganjar – AH, adalah Ganjar menemukan pasangan cawapres lain di luar AH yang juga sudah punya tiket capres yang cukup.

Megawati memegang peran kunci siapa yang akhirnya dicalonkan Capres oleh PDIP dan siapa pendamping calon wapresnya.

Tapi untuk kepentingan partai, PDIP, juga kepentingan bangsa, Megawati cukup memiliki perhitungan yang matang.

Di tahun 2014, Megawati secara rasional menyerahkan kursi capres kepada Jokowi, yang paling tinggi elektabilitasnya saat itu.

Menjelang pendaftaran Capres- Cawapres di bulan September 2023, jika dari kader PDIP, hanya Ganjar Pranowo yang memungkinkan PDIP memenangkan pilpres 2024, secara rasional Ganjar Pranowo yang potensial dicalonkan PDIP.

Namun sebelum September 2023, Puan Maharani selaku putri mahkota diberikan kesempatan pertama menaikan elektabilitasnya agar dapat menjadi capres PDIP yang memenangkan pilpres 2024.

Hal yang sama terjadi dengan Golkar sendiri. Hingga September 2023, Airlangga Hartarto tetap diberikan kesempatan pertama menaikan elektabilitasnya agar menjadi capres Golkar yang menang pilpres 2024.

Namun jika hingga September 2023, pasangan Ganjar- AH tetap berada di puncak, pasangan ini menjadi pilihan rasional baik bagi PDIP, ataupun Golkar, ataupun KIB. (din)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.