Lomba Fotografi Festival Danau Toba

 Lomba Fotografi Festival Danau Toba

Jayakarta News – Festival Danau Toba (FDT) merupakan event nasional yang setiap tahun diselenggarakan dengan tuan rumah bergantian antara satu kabupaten dan kabupaten lain di sekitar Danau Toba. Tahun ini perhelatan dilaksanakan di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mulai 9 – 12 Desember.

Tahun ini di bawah kepemimpin dr. Ria Novida Talaumbanua, M.Kes, FDT digelar dengan tagline ‘Inspiring Toba’. Melalui event tahunan ini, panitia berusaha mendukung program kunjungan wisatawan ke Danau Toba menyentuh angka 1 juta, yang terdiri atas wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Dalam rangka memeriahkan event ini, banyak kegiatan pendukung digelar. Termasuk, berbagai macam perlombaan, salah satunya lomba fotografi. Lomba ini diperuntukkan dan bertujuan untuk mengabadikan keindahan di sekitar Danau Toba.

Kegiatan tersebut sekaligus salah satu cara atau strategi memperkenalkan atau mempromosikan keindahan-keindahan yang dimiliki Danau Toba, agar dapat dilihat oleh wisnus dan wisatawan mancanegara di seluruh dunia yang nanti dapat di-share melalui sosial media atau lainnya.

Hal itu dikatakan Kasi Promosi Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Kurnia Utama,  melalui WhatsApp nya, Kamis, (29/11). Oleh karena itu ada beberapa yang menjadi petunjuk teknis dibutuhkan demi kelancaran lomba fotografi tersebut.

“Tempat dan waktu pelaksanaan lomba fotografi akan digelar di acara Festival Danau Toba (FDT) 10 Desember 2019 di Parapat, kemudian mengenai syarat-syarat lomba ini wajib follow akun IG disbudpar_su, Facebook excitingnortsumatra, dan Facebook Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu serta merepost poster lomba dan mention akun instagram lainnya,” jelas Tama yang juga sebagai Publikasi dan Promosi.

Dan perlombaan fotografi ini terbuka untuk umum, baik dalam dan maupun luar negeri. Foto yang diperlombakan termasuk kategori bebas berupa Landscape, Culture, Human Interest dan Wild Nature yang berada di kawasan Danau Toba, dan foto yang diambil satu tahun terakhir.

Ketentuan Foto

Foto berbasis digital berwarna dan bebas menggunakan jenis atau merek kamera (termasuk smartphone dan action camera). Peserta dapat juga mengirimkan maksimal tiga foto dengan mencantumkan, data nama, alamat, nomor ponsel, alamat sure, dan alamat emaill. Foto dikirimkan ke email ; lomba fotografifdt2019@gmail.com dengan sisi terpanjang 1200 pixel.

Jangan lupa pastikan akun tidak diprivate selama periode kompetisi berlangsung dan karya foto merupakan milik sendiri. Pelanggaran ketentuan ini  akan didiskualifikasi. Pengiriman foto telah dimulai 13 November – 10 Desember 2019, Jam 22.00 Wib.

Setiap foto yang lolos kurasi akan ditampilkan di akun Instagram Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, @exciting northsumatra dan pemenang akan ditampilkan di website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Penentuan pemenang akan dinilai oleh Dewan Kurator Panitia Lomba Fotography FDT 2019.

Pemenang Lomba akan mendapatkan hadiah. Pemenang I mendapat  Rp. 10.000.000, + piagam + Piala, Pemenang II  8.500.000 + piagam + piala, Pemenang III. Rp. 7.000.000 + piagam + piala.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 10 Desember 2019, kemudian penyerahan hadiah pemenang 12 Desember 2019 di Acara Festival Danau Toba. Penentuan Hasil seleksi dan pemenang oleh Kurator Lomba Fotografi FDT 2019 tidak dapat diganggu gugat. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *