Lintas Budaya Merawat Lingkungan Hidup

 Lintas Budaya Merawat Lingkungan Hidup

Jayakarta News – Kasus kebakaran hutan yang berulang, adalah contoh kecil dari kurangnya kepedulian kita kepada bumi pertiwi. Peristiwa yang terjadi hampir di setiap musim kemarau itu, bukan saja mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu, bahkan tidak sedikit yang kemudian sakit ISPA hingga berujung meninggal dunia. Sedangkan, manakala musim hujan tiba, bencana alam berupa banjir terjadi di mana-mana.

Menyikapi kondisi tersebut, sekelompok masyarakat lintas budaya menggelindingkan gerakan yang dinamakan “Gerakan Lintas Budaya Energi Optimis Bersama Merawat Lingkungan Hidup Bumi Pertiwi”.

Adalah Perguruan Tinggi La Ransa Mashiro, Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Rangkasbitung, Lebak – Banten yang akan menjadi saksi bergulirnya gerakan “merawat lingkungan hidup bumi pertiwi” tersebut. Di tempat itu, pada hari Jumat, 27 September 2019, pukul 11.30 – 15.30 WIB akan digelar Studium Generale Green Constitution “Penyelamatan Lingkungan Hidup Bumi Pertiwi” oleh Prof. Dr. H. Jimly Asshiddiqie, SH.

Hari yang sama, dilakukan pula Deklarasi Nasional “Perusak Lingkungan Adalah Pengkhianat Bangsa”. Deklarasi akan disampaikan bersama pemuka agama, budayawan, seniman, mahasiswa, generasi milenial, dan masyarakat. Di antara inisiator Gerakan Lintas Budaya adalah: Remy Sylado, Sam Bimbo, Rasa Asdi, Nugie, Tanggol Angin Jatikusum, Yehana, Olivia Zalianty, Jerry Marmen, Mas Pandhik, Yere Agusto, Eleonora Agatha Tan, R. Dono Sumarwoto, Deddy Dwi Raharjo, Roso Daras, Chavchay Syaifullah, dan Yodhi Yudono. Keseluruhan kegiatan ini didukung oleh PLN.

Tidak berhenti di tataran deklarasi, gerakan ini juga akan terus digulirkan, baik berupa kegiatan langsung bersentuhan dengan lingkungan hidup, maupun berupa sosialisasi. Contohnya, gerakan penanaman mangrove di pesisir utara Pulau Jawa, penanaman pohon di Payakumbuh Sumatera Barat, dan banyak lagi rencana aksi selanjutnya. Di samping, launching media online yang sedang dalam proses mock-up. (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *