Lima Program Disbudpar Majukan Pariwisata Sumut

 Lima Program Disbudpar Majukan Pariwisata Sumut
Kadisbudpar Sumut Dr Ir Hj Hidayati M.Si

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara memiliki 5 program utama dalam memajukan pariwisata di Sumatera Utara. Kepada wartawan, Kadisbudpar Sumut Dr Ir Hj Hidayati, M.Si menyampaikan, kelima program itu adalah, pertama Penataan Destinasi, kemudian yang kedua adalah Meningkatkan Status Event menjadi Event Internasional. Ketiga, melakukan promosi termasuk in flight magazine,keempat adalah Meningkatkan Sadar Wisata, dan yang kelima adalah Penguatan Apresiasi Kebudayaan untuk Sumatera Utara.

“Kita harus memiliki penguatan sadar wisata.Sehingga,perlakukan kita terhadap wisatawan atau pendatang menjadi peduli,”terang Dr Ir Hj Hidayati M.Si, Selasa(11/12) kemarin.

Menurutnya, selama ini dirinya melihat, masyarakat masih menunjukan sikap yang tidak peduli kepada pendatang. “Apakah pendatang itu mencari Information Centre, atau mencari pusat perbelanjaan. Tidak ada keinginan kita memberikan pelayanan yang baik, agar wisatawan mengajak teman-temanya berkunjung ke Sumut,”ungkapnya.

Sebelumnya, Kadisbudpar Sumut Dr Ir Hj Hidayati M.Si juga menyampaikan, bahwa pihaknya sedang berupaya untuk melakukan kerjaasama dengan maskapai penerbangan untuk menyediakan In Flight Magazine (majalah yang selalu ada di dalam pesawat) yang mempromosikan wisata di Sumatera Utara. ”Untuk mempromosikan wisata di Sumut,sebenarnya in flight magazine itu penting sekali,”jelas Kadisbudpar Sumut ini.

Menurut Hidayati, majalah in flight magazine itu didalamnya berisikan informasi tentang potensi atau destinasi wisata dan kebudayaan, informasi kuliner, informasi hot spot yang penting, termasuk juga tentang geopark daerah Toba.

Dikatakanya, dalam in flight magazine itu juga tercantum seruan kepada wisatawan untuk datang ke Sumatera Utara. Karenanya, peran in flight magazine itu sangat penting sekali, untuk mendatangkan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Saat ini, lanjutnya, in flight magazine itu sudah ada di maskapai penerbangan Garuda dan juga Sriwijaya. Penerbangan langsung ke Bandara Silangit juga sudah ada dari Hongkong. Hal ini juga nantinya akan diikuti penerbangan dari India, kemudian dari Penang dan Singapura. “Diharapkan, hal ini akan terus berkembang. Kita upayakan agar penerbangan dapat bekerjasama dengan kita,” sebutnya.

Sebagai upaya untuk mengembangkan wisata di Sumut ini, Kadisbudpar Sumut Dr Ir Hj Hidayati M.Si juga menjelaskan, bahwa pihaknya juga melakukan kerjasama dengan pihak Travel, yakni dengan menjual paket wisata. Dan buyers nya sudah ada dibeberapa tempat.

“Hal ini sudah dilakukan di Bandung, Batam dan juga Makasar. Kita menginginkan agar hal ini tidak hanya di tingkat Nasional saja, akan tetapi juga Internasional, sehingga jumlah wisatawan dalam Negeri maupun luar Negeri terus meningkat,”harapnya.

Hidayati juga menyampaikan bahwa in flight magazine pada tahun depan juga sudah ada di maskapai penrbangan Thailand Airways. ”Kami sudah menghubungi pihak Garuda dan Sriwijaya, mereka bersedia. Dan Thailand Ariways juga sudah siap untuk mengadakanya, dan dimulai pada tahun depan. Sekarang, kita sedang melakukan berbagai persiapan,” jelasnya.

Selanjutnya Hidayati menegaskan, Disbudpar Prov Sumut selalu melakukan promosi wisata, agar wisata Sumatera Utara menjadi idola. Seperti saat ini, sudah banyak kunjungan wisatawan dari Malaysia, bahkan kunjungan wisatawan dari Makasar juga banyak yang berkunjung ke Danau Toba. “Selain Danau Toba, kita juga akan promosikan lokasi wisata yang lain, seperti Bahorok, dan juga lokasi wisata di Pantai Timur dan Kota Medan sendiri,” pungkasnya. (red)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *