Lebak – Pandeglang, Lepas Predikat “Tertinggal”

 Lebak – Pandeglang, Lepas Predikat “Tertinggal”

DUA kabupaten di Provinsi Banten, Lebak dan Pandeglang, sangat menanti kepemimpinan Gubernur Banten terpilih, Dr. H. Wahidin Halim, MSi. Bupati kedua kabupaten itu berharap, gubernur yang baru bisa segera melepas predikat memalukan yang hingga kini masih melekat, “kabupaten tertinggal”.

Seperti dilontarkan Bupati Lebak Iti Octavia belum lama ini, pendapatan asli daerah belum bisa menjangkau kebutuhan untuk membangun ‘Kabupaten Seribu Madrasah’ tersebut secara utuh. Ditambah oleh kucuran bantuan keuangan untuk membangun kabupaten itu dari Pemerintah Provinsi Banten yang sangat kecil.

Persoalan di Kabupaten Lebak kebetulan selaras dengan program Gubernur Wahidin. Skala prioritas rencana pembangunan akan digelontorkan oleh gubernur baru Banten, seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, dinilai sangat pas. Sebab, di sektor-sektor itulah Kabupaten Lebak belum bisa optimal, karena keterbatasan dana.

Hal serupa juga dialami Kabupaten Pandeglang. Untuk itu Bupati Irna Narulita pun berharap, melalui gubernur baru, ke depan Pemerintah Provinsi Banten akan lebih besar mengucurkan dana bantuan pembangunan untuk kabupaten itu. Mengingat, Kabupaten Pandeglang sekarang masih dihadapkan oleh permasalahan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Dimana tiga sektor itu juga telah dijadikan skala prioritas pembangunan di Bumi Jawara oleh gubernur baru.

Seperti diketahui, Bupati Irna pernah mendampingi Wahidin Halim sebagai calon wakil gubernur Banten di perhelatan Pilgub Banten lima tahun lalu. Dimana dalam perhelatan pilgub lima tahun lalau itu, pasangan Wahidin Halim dan Irna Narulita dikalahkan oleh pasangan Ratu Atut – Rano Karno. Kala itu, Irna diusulkan mendamping Wahidin Halim oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sedangkan, kedekatan Bupati Iti dengan Wahidin Halim, adalah sama-sama di bawah naungan satu partai (Demokrat). Iti sendiri terpilih sebagai Bupati Lebak menggunakan perahu Partai Demokrat. Untuk itu, Bupati Iti maupun Bupati Irna sangat berharap Wahidin Halim bisa membuka keran bantuan pembangunan lebih besar pada dua kabupaten tersebut.

Menanggapi usulan dua kepala daerah itu, Wahidin cuma melontarkan senyum khasnya. Namun dia tidak menampik, skala prioritas dua kabupaten tersebut, juga adalah skala prioriotas pembangunan di Provinsi Banten. “Kalau memang benar, pembangunan di Kabupaten Pandeglang dan Lebak memprioritaskan masalah infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, tentu sejalan dengan rencana skala prioritas pembangunan Provinsi Banten.  Kalau memang itu benar, berarti sinergitas pembangunan di Banten sudah mulai terlihat. Maka, Banten pun dimasa akan datang akan jauh berbeda dari sekarang,” ujar Wahidin. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *