Connect with us

Kabar

KRI Alugoro-405 Resmi Masuk Jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II

Published

on

JAYAKARTA—– Kapal selam KRI Alugoro-405 secara resmi masuk di jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II. Hal ini ditandai dalam acara peresmian serta  pengukuhan KRI dan Komandan KRI Alugoro-405 oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Selasa (6/4/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan hadir langsung mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Magono. 

KRI Alugoro-405 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) M. Noer Taufik merupakan kapal selam ketiga jenis Diesel Electric, dimana dua KRI sebelumnya yakni KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. KRI Alugoro kapal selam pertama yang dirakit di fasilitas PT PAL Surabaya. Memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan sekitar 21 knot di bawah permukaan air. 

KRI Alugoro mampu berlayar lebih dari 50 hari. Untuk kapasitas dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya. 

Sesuai info dari Kominfo Jatim, Panglima TNI mengatakan,  jika KRI Alugoro-405 merupakan komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu atau SSAT. KRI Alugoro juga menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari kemampuan pengendalian laut dan kemampuan anti akses TNI AL, khususnya di wilayah perbatasan dan perairan rawan selektif, seperti Laut Natuna Utara dan Laut China Selatan. 

Dengan telah resminya KRI Alugoro-405 masuk ke jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II, maka telah tiba waktunya untuk melaksanakan tugas di laut. ‘Every ship has a soul’, setiap kapal memiliki jiwa, dan para pengawak KRI Alugoro-405 menjadi jiwa dari alutsista kebanggaan kita bersama ini.

“Dan pengukuhan Komandan KRI Alugoro-405 yang baru saja kita saksikan bersama, menandai dimulainya tugas pengabdian para prajurit Hiu Kencana untuk mengemban tugas mulia menegakkan kedaulatan negara di laut,“ ujar Panglima TNI. 

“Semoga kehadiran Alugoro akan menjadi senjata pamungkas kita di laut untuk menghadapi berbagai tantangan terhadap kedaulatan negara. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta. Wira Ananta Rudira yang berarti Tabah Sampai akhir,” pungkasnya. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *