Connect with us

Kabar

KPU Setuju Durasi Closing Statement Ditambah Jadi 4 Menit

Published

on

Komisioner KPU August MellazJ didamping Ketua KPU Hasyim Asy'ari dan dan Mochammad Afifuddin dalam jumpa pers persiapan Debat Ke-5 di Gedung KPU. Jumat (2/2/2024)/foto: dok KPU

JAYAKARTA NEWS— Komisi Pemilihan Umum akhirnya menyetujui usulan Timses masing-masing pasangan calon terkait penambahan durasi pada Debat Kelima atau Debat Terakhir pada Pilpres 2024. Penambahan durasi diberikan pada closing statement yang sebelumnya 2 menit menjadi 4 menit. Durasi ini (4 menit) sama dengan durasi saat Capres menyampaikan Visi dan Misi.

“Kami sudah kelola itu, dan kami sudah atur, dan kemudian nanti khusus di segmen keenam atau penutup, maka alokasi waktu untuk closing statement (pernyataan penutup) dari masing-masing calon presiden akan dipenuhi sebanyak 4 menit masing-masing pasangan calon,” kata Anggota KPY August Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Namun begitu, ujar Mellaz, perubahan waktu tersebut tidak mengubah waktu debat secara keseluruhan, sehingga total waktu pelaksanaan tetap 120 menit.

“Secara prnsip waktu dan segmen dari pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan. Tapi saat rapat kordinasi ada usulan dari tim paslon untk khusus di debat ke 5 pada segmen terakhir ditambahkan alokasi waktu yg biasanya segmen keenam 2 menit enjadi 4 menit.”

“Kami sudah kelola itu, tanpa mengubah durasi waktu total pelaksanaan waktu debat 120 menit,” jelas August.

Sebenarnya, tambahnya, perubahan waktu ini bukan hal yang baru. Ini juga sudah pernah dilakukan pada Debat Pemilu 2019 lalu. “Jadi ini adalah bagian dari pengalaman yang ada,” jelas August Mellaz yang didampingi Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan Mochammad Afifuddin.

Debat Kelima, Isu dan 12 Panelis

Sebagaimana diketahui, Debat Kelima atau Debat terakhir Capres, akan digelar Minggu 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Isu yang bakal dibahas dalam Debat Capres ke-5 itu antara lain, kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat yang  akan dipandu oleh Andromeda Mercury dan Dwi Anggia, bakal tayang di TV One, ANTV dan Net TV.

Berikut nama-nama para panelis Debat ke-5;  Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin); Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D. (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027); Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah); Damar Juniarto, S.Sos (Akademisi di UPN Veteran Jakarta).

Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D. (Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada); Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia); Onno widodo Purbo.PhD. (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor institut Teknologi Tangerang Selatan); Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI., (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia).

Timboel Siregar, S.SI, SH, MM (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia); Tolhas Damanik, M.Ed (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access); Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta); dan Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia).***din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *