Kota Malang Bakal Jadi Silicon Valley

 Kota Malang Bakal Jadi Silicon Valley

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Foto Istimewa.

JAYAKARTA NEWS—- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Kota Malang memiliki potensi menjadi digital hub seperti Silicon Valley di Amerika Serikat. Digital hub ini akan hadir di Kawasan Ekonomi Khusus Singasari, yang berada di Malang.

“Kehadiran KEK Singasari untuk support digital IT. Bayangan saya kita akan memiliki Silicon Valley di Singasari,” ujar Khofifah dalam dalam CNBC Indonesia VIP Forum yang mengambil tema “Kebangkitan Ekonomi Daerah Pascapandemi Bersama Asbanda” Kamis (20/5/2021).

Lebih rinci dia menjelaskan, bahwa Malang akan menjadi kekuatan ekonomi digital dan IT di Indonesia. Pasalnya, wilayah ini memiliki mahasiswa yang berasal lebih dari 100 negara dan sebagian yang berkaitan dengan IT.

“Untuk bisa membangun konektivitas antar negara dan ekonomi kreatif di Indonesia, Malang akan menjadi sentra seluruh tim yang bisa memberikan pengembangan ekonomi kreatif terkait penguatan dari sisi mana yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Malang Sutiaji berharap PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) bisa mendorong penetrasi terhadap ekonomi kreatif. “Karena kita punya SMA dan SMK yang banyak menunjukkan ekonomi kretaif di Malang sangat mendukung,” ujarnya.

Lebih rinci dia menjelaskan lebih dari 137 negara kuliah di Malang. Sementara itu perguruan tinggi yang memiliki dasar IT berjumlah 23 dan 24 SMK. “Sarjana basic-nya IT tidak kurang dari 3.400 per year. Dia ada di kota Malang. selesai kuliah tidak pulang dulu,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini yang membuat pengangguran terbuka di Malang tercatat cukup banyak menurut data BPS. Pasalnya sebagian pelaku usaha ekonomi kreatif ini tidak tercatat sebagai pekerja. “Ada yang bilang jam 10 masih tidur, tapi punya karyawan ratusan. Mereka kirim game ke Korea hingga Amerika. Ini yang perlu disupport,” jelasnya. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *