Korut Konfirmasi, Kim Jong Un akan Bertemu Putin

 Korut Konfirmasi, Kim Jong Un akan Bertemu Putin

JAYAKARTA NEWS – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan melawat ke Rusia untuk mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kabar yang disampaikan oleh media pemerintah Korea Utara itu juga menyebutkan, bahwa dengan kunjungannya ke Rusia itu, Kim berupaya untuk membangun dukungan asing bagi rencana pembangunan ekonominya, sejak kegagalan pertemuan puncak kedua AS-Korea Utara di Hanoi pada Februari lalu, yang menyebabkan pembicaraan macet dengan Washington mengenai sanksi pemberian bantuan yang diminta Pyongyang.

Kantor berita pemerintah, Korea Central News Agency (KCNA) melaporkan, bahwa kunjungan itu dilakukan terjadi “segera.” Namun demikian, KCNA tidak merinci waktu atau tempat.

Putin dan Kim berada di jalur untuk bertemu pada akhir April, demikian juru bicara Kremlin Dmitry Peskov saat dikonfirmasi wartawan pada hari Senin di Moskow.

Kepala ajudan Kim Jong Un, Kim Chang Son, terlihat di Vladivostok pada hari Minggu, demikian menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, yang mengarah ke spekulasi bahwa KTT Putin-Kim akan diadakan di kota sekitar 24-25 April.

NK News, sebuah kelompok yang mengikuti isu-isu Korea Utara, mengunggah foto-foto di situs webnya pada hari Senin tentang persiapan yang sedang berlangsung di Far Eastern Federal University di Vladivostok. Tempat itu kemungkinan akan menjadi tuan rumah bagian dari KTT tersebut, dengan para pekerja memasang bendera Korea Utara dan Rusia.

Setelah kegagalan upaya diplomatiknya dalam KTT di Hanoi, Kim kemungkinan akan membuktikan bahwa dia masih dicari oleh para pemimpin dunia, dan bahwa dia memiliki lebih banyak pilihan, kata Artyom Lukin, seorang profesor di Far Eastern Federal University di Vladivostok.

“Kim tidak ingin terlihat terlalu tergantung pada Washington, Beijing dan Seoul,” katanya.

“Adapun Rusia, KTT Putin-Kim akan menegaskan kembali tempat Moskow sebagai pemain utama di Semenanjung Korea. Pertemuan ini penting untuk prestise internasional Rusia. “***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *