Korsel Puji Peran Megawati dalam Damaikan Korea

 Korsel Puji Peran Megawati dalam Damaikan Korea

Megawati dalam lawatannya ke Korea Selatan. [Photo; DPP PDI Perjuangan]

KOREA Selatan memuji peran  Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dalam upaya reunifikasi Korea Utara dengan Korea Selatan dengan menggambarkannya sebagai sangat penting.

Megawati dipandang dapat meneruskan peran ayahnya, Presiden RI pertama Soekarno, yang semenjak awal  sudah banyak membantu upaya perdamaian dua Korea.

“Dari zaman Presiden Soekarno hubungan Selatan dengan Utara sudah dibantu. Jadi, kami berpikir Megawati adalah orang paling utama dan penting untuk bisa menjembatani kedua negara,” ujar Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Hee Ryon di Jeju, Selasa malam (30/5/2017).

Megawati dalam kunjungan ke Korea Selatan. (Photo: DPP PDI Perjuangan)

Menurut Won Hee Ryon, masyarakat  Korea Selatan khususnya, khususnya  yang tinggal  di Pulau Jeju, sangat menyayangi Megawati. Hal itu bukan semata  karena Megawati merupakan tokoh dunia, namun  karena melihat dan merasakan bagaimana  konsistensi Megawati berusaha terus menjaga hubungan baik dengan Korea Selatan.

Ryon mengungkapkan,  pemerintahan Korsel  di bawah kepemimpinan Presiden Moon Jae-in, jelas sangat membutuhkan dukungan yang kuat dalam memelihara perdamaian di kawasan semenanjung Korea. Megawati, lanjutnya, telah berkunjung  ke ibukota dua Korea, baik Seoul maupun Pyongyang,  sambil berupaya untuk mendorong  perdamaian semenanjung Korea. Melihat sepakterjang seperti itu, Korea Selatan sangat berharap, agar Megawati juga mengambil peran penting  dalam reunifikasi kedua Korea.

Selama 10 tahun terakhir, kata Won Hee Ryon, Pulau Jeju sebagai satu-satunya Provinsi berotonomi khusus di Korsel, telah berupaya menjembatani persatuan Korea Utara dengan Selatan. Dengan bantuan Megawati, tambahnya, pemerintah Provinsi Jeju berharap dapat berbicara lebih detail mengenai upaya reunifikasi dua Korea.

Megawati menyatakan, bersedia membujuk Korea Utara agar mau berdialog dengan Korea Selatan. Tidak lupa, Megawati  meminta dukungan seluruh elemen di Korea Selatan, agar dalam waktu dekat bisa bertolak ke Korea Utara. Mega  mengusulkan, agar dialog dalam kerangka reunifikasi dapat dilakukan di Pulau Jeju, yang dikenal sebagai pulau perdamaian.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *