Connect with us

Kabar

Komunitas Mantan Narapidana Giat Kemanusiaan Galang Donasi Peduli Sesama

Published

on

Singo Lapas Indonesia/foto: istimewa

MALANG, JAYAKARTA NEWS— Mantan narapidana yang menamakan komunitasnya Singo Lapas Indonesia galang donasi peduli terhadap sesama di setiap hari Minggu sore hingga petang di pelataran parkir Bendungan Karangkates Kabupaten Malang. Minggu, (28/1/2024)

Kegiatan yang dilakukan murni dari hati dan atas dasar kemanusiaan untuk menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak orang lain sesuai dengan pengamalan sila ke 5 Pancasila.

Singo Lapas yang terbentuk tahun 2002 dan dipelopori oleh Teguh yang akrab dipanggil Cengkrek (45) asal Desa Sumberayu Karangkates Kabupaten Malang bersama Budi tatto dan yang lainnya.

Kini komunitas Singo Lapas Indonesia telah beranggotakan lebih dari 5.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah menginspirasi berbagai kalangan dengan kegiatan-kegiatan positif yang telah dilakukannya. Mulai dari santunan anak yatim dan dhuafa, membantu pengobatan orang yang kurang mampu, serta memotivasi generasi muda saat ini agar tidak terlibat kasus kriminal.

Dengan misi visi membangun kerukunan persaudaraan, kebersamaan dan persatuan serta saling merangkul antara satu sama lain untuk berkarya dan berusaha demi suatu kebaikan,

Singo Lapas juga mengedukasi terhadap sesama mantan narapidana serta masyarakat untuk tidak melanggar hukum supaya tidak terjerumus ke dalam kerasnya kehidupan penjara. “Kami bukan orang baik, tapi ingin belajar baik,” ungkap (Teguh) Ketua Singo Lapas Indonesia saat ditemui.

Adapun keinginan dalam jalur kebaikan untuk memperluas jaringan dan mempererat tali persaudaraan, dengan harapan Singo Lapas Indonesia semakin besar agar maximal dalam hal kebaikan serta totalitas dalam kemanusiaan untuk saling membantu sesama.

Di akhir pertemuan “Teguh” mengungkapkan, pihaknya pernah melakukan kesalahan dan hal buruk, namun pengalaman tersebut menjadi pelajaran untuk menjadi lebih baik, salah satunya hidup bermanfaat bagi sesama agar dapat diterima kembali di masyarakat. (Nova)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *