Connect with us

Entertainment

Komposer Jazz Indonesia Tembus ASCAP AS

Published

on

PRESIDEN ASCAP (The American Society of Composers, Authors, and Publishers) Amerika Serikat, Paul Williams pada 29 Juli 2018 memberikan ucapan selamat melalui email kepada WEM USA selaku Music Publisher anggota baru ASCAP untuk wilayah Amerika Serikat.

Kesempatan emas ini memberikan peluang bagi sejumlah penulis lagu dan komponis Indonesia khususnya di Sumatra Utara yang tergabung dalam WEM USA untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah komposer kelas dunia yang juga anggota ASCAP seperti Quincy Jones, Katy Perry, Pharrell Williams, Meghan Trainor, Jason Mraz dan lainnya.

 

Presiden ASCAP Paul Williams. [ROB LATOUR/VARIETY/REX/SHUTTERSTOCK]

WEM yang dikenal sebagai penyelenggara tetap North Sumatra Jazz Festival, Medan Master Jazz dan Atonal Jazz Club di Medan Sumatera Utara membentuk divisi baru WEM USA untuk wilayah pelindungan hak karya cipta lisensi musik khususnya di Amerika Serikat dan perpanjangan Internasional pada umumnya.

WEM USA-ASCAP selaku Music Publisher dipertengahan tahun 2018 ini telah mendaftarkan Komposer Jazz Erucakra Mahameru (NCB) dan performers resmi Erucakra Mahameru & C Man untuk lagu terdaftar “Balap Liar (The Wild Race)” ke dalam database ASCAP ACE Repertory.

ASCAP memonitor pembagian royalti para penulis lagu dan publishernya dengan pembagian 50% saham penulis lagu/syair atau komposer dan 50% saham publisher keanggotaannya.

Selain itu, keuntungan bagi pengguna lisensi ASCAP juga dengan mudah dapat berhubungan langsung saat ini dengan WEM USA-ASCAP. Lebih lanjut, yang dimaksud dengan Pengguna Lisensi Musik atau “Licensee” adalah sejumlah pengusaha atau perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan menggunakan karya cipta penulis musik seperti pada bisnis restaurant, Hotel, rumah sakit, penerbangan (airlines) pemasaran video game, Jazz Festivals/Clubs, Music Festivals, Internet Music On Demand/Live Streaming dan lainnya.

Tarif lisensi berdasarkan sumber ascap.com disesuaikan dengan revenue per tahun dari masing-masing perusahaan pengguna lisensi musik.

ASCAP mempunyai peran dalam bernegosiasi atas hak karya cipta/lisensi musik anggota komposernya dengan sejumlah kemitraan televisi, radio dan perfileman Amerika seperti HBO, SHOWTIME, CINEMAX, UNIVISION, dan lainnya.

“Grup Neo Progressive Jazz Erucakra Mahameru & C Man telah melakukan sejumlah jadwal tur di luar negeri dan sangat berpeluang untuk tampil di sejumlah konser dan program penghargaan ASCAP Amerika Serikat” jelas manajer dan direksi WEM Arsyadona.

Untuk beberapa penampilan tur konser Regional, Nasional, dan Internasional baik dalam bentuk Jazz Festival dan lainnya Erucakra Mahameru & C Man dengan lagu terdaftar ASCAP AS dimana kelanjutan sinkronisasi pendataan dan distribusi royalti lisensi ASCAP dilaksanakan melalui PRO negara setempat sesuai dengan ketentuan tarif royalti yang berlaku di negara masing-masing.

Menurut sumber ascap.com, PRO terdaftar selaku partner ASCAP saat ini berjumlah 100 PRO dari banyak Negara di dunia. ASCAP adalah satu-satunya, PRO yang dimiliki oleh keanggotaannya dengan sifat kepemilikan usaha atau ownership. Kemitraan PRO ASCAP yang berasal dari Negara lain, dipandang setara dan sederajat dengan keanggotaan Music Publisher, Composer/Author, ASCAP.

PRO adalah kepanjangan dari Performance Rights Organization bertujuan dalam mendaftarkan, melindungi, mendistribusikan, menghimpun royalti hak karya cipta/lisensi musik bagi komposer atau penulis lagu/syair dari pengguna lisensi musik sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Negara masing-masing.PRO di dunia saat ini menurut data ASCAP terhitung sebanyak lebih dari 100 negara. Contoh PRO adalah WAMI (Indonesia), KOMCA (Korea), PRS (Inggris), NCB (Norwegia atau Denmark), RAO (Rusia) dan lainnya. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *