Connect with us

Entertainment

Kolaborasi Nasyid Melayu Dewi Yull dan Chossy Pratama

Published

on

Jayakarta News – Kerjasama seni lewat musik nasyid yang saling melibatkan nama-nama lama antara sesama musisi penyanyi serumpun Asia Tenggara terjadi di akhir November 2019. Inilah event yang menghadirkan Dewi Yull dan musisi Chossy Pratama yang menjadi produser barengan rekan pemusik Singapura, Moliano Rasmadi.

Dewi Yull, penyanyi yang juga aktris film dan sinetron, kini muncul berbeda dibandingkan nyanyian-nyanyian melankolisnya tempo dulu. Meski begitu, ia belum kehilangan voice indahnya saat berkolaborasi dengan grup nasyid Al-Jawaher lewat lagu “Hanya Tuhan” dan “Ya Tuhan” yang telah dirilis akhir pekan lalu.

Kolaborasi ini merupakan hasil kerjasama Jamiyah Singapura yang menaungi Al-Jawaher, dan Chossy Pratama Production. Grup nasyid Al-Jawaher pun mempunyai kedekatan dan ditangani sentuhan brilian dari komposer terkenal M Nasir, yang lagu-lagunya pernah merajai belantika musik tanah air di tahun 1990an, salah satunya yang paling hit dan dinyanyikan band Search asal Malaysia adalah “Isabella.”

Kolaborasi kerja ini juga dilandasi eksistensi Al-Jawaher yang mengawali spirit di pengujung tahun 1970, ketika ada 9 anak gadis yang belajar mengaji dengan Ustazah Hamidah Hj Shukur. Mereka adalah warga negara Singapura, yang kemudian selain mengaji juga belajar bernasyid, hingga pada tahun 1980, Ustaz Hj Abdul Karim, suami Ustazah Hamidah membentuk grup nasyid di Singapura dan diberi nama Al-Jawaher, yang artinya Permata.

Mereka merekam dan mengeluarkan album perdana Permata, yang diikuti dengan album-album berikutnya sampai awal 1990an. Al-Jawaher bisa disimak melalui YouTube, dan lagu-lagunya yang hits antara lain, “Ku Pohon Restu Ayah Bonda”, “Kembara di Tanah Gersang”, “Yang Merah Itu Saga”, “Adam dan Hawa”, dan masih banyak lagi.

Dalam perjalanannya Al-Jawaher mengalami pasang surut, tapi kegigihan para anggotanya membuat mereka tetap bertahan, meskipun kehilangan 2 anggotanya, sehingga Al-Jawaher kini beranggotakan 7 orang saja, yang terdiri 5 anggota lama dan 2 anggota baru.

Dua diantara anggota yang lama adalah adik dari komposer kawakan M Nasir. Mereka itu ialah Normala Mohd dan Hajar Mohamad, sementara 5 anggota yang lain nya adalah, Norhaiyati Yusop, Latifah Johari, Jumuyah Kasbari, Habibah Othman, dan Siti Rusminah Jaafar.

Al-Jawaher di awal tahun 2019 membuat singel Lambaian Raudah, yang kemudian hingga kini mereka dinaungi oleh Jamiyah Singapura.

Jamiyah adalah sebuah yayasan Islam terbesar di Singapura. Jamiyah yang berorientasi pada amal, memiliki dan ikut mengurus rumah rumah yatim, rumah jompo, pusat rehabilitasi narkoba, membentuk bank makanan bagi yang kurang mampu dan untuk proyek-proyek dakwah, selain itu Jamiyah juga memiliki  sekolah dari taman kanak sampai SMA, dan juga berkarya untuk berbagai kegiatan Islami yang sangat positif. (john js)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *