Connect with us

Entertainment

Kisah Hidup Glenn Fredly Difilmkan

Published

on

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo/foto: dok keluarga

JAYAKARTA NEWSKarena kau tak lihat/terkadang malaikat tak bersayap/tak cemerlang tak rupawan/namun kasih ini silakan kau adu/malaikat juga tahu/siapa yang jadi juaranya

Penggalan lirik lagu ciptaan Dewi Lestari dan disenandungkan oleh Glenn Fredly begitu sangat menyentuh. Melankolis dan menggetarkan sukma.

Hampir tiap hari aktor Marthino Lio berlatih vokal dan berusaha semirip mungkin dengan suara Glenn Fredly.

“Apapun yang terjadi, terjadilah. Ternyata mas Daniel Mananta (produser) dan bang Lukman Sardi (sutradara) bel saya. Kamu, Lio yang jadi Glenn Fredly,” ujar aktor Marthino Lio yang meraih piala Citra sebagai pemeran utama pria terbaik dalam FFI 2022.

Marthino Lio memang didapuk memerankan diri sebagai Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, biduan asal Ambon yang wafat dalam usia 45 tahun karena penyakit komplikasi meningitis

Marthino Lio –foto Daniel

Semula Marthino ragu menerima peran ini. “Saya berat memikul tanggung jawab ini. Almarhum Glenn Fredly ikon musik pop dan dari Ambon. Sedangkan saya memang berdarah Ambon, tapi tinggal di daerah lain. Saya lebih tahu bahasa Jawa daripada bahasa Maluku,” tutur Marthino tersenyum.

Namun, isteri Glenn yaitu Mutia Ayu meyakinkan Daniel Mananta dan Lukman Sardi bahwa hanya Marthino yang cocok dan pas jadi Glenn Fredly.

“Kata mbak Mutia Ayu, perut dan kumis kamu sama. Dan dia katakan, aktor film pertama yang dikenalkan oleh Glenn ke dirinya adalah Marthino Lio,” imbuh Marthino.

Lukman Sardi tak meragukan akting Marthino. “Tuhan memberkati kita. Untukmu Bung…Glenn Fredly the movie,” urai Lukman Sardi.

Daniel Mananta selaku produser bersama Robert Ronny mengaku belakangan dia melihat sosok Glenn Fredly ada dalam diri Marthino. “Saya bilang ke dia, kamu harus ngurusin badan. Dan menghafal lagu-lagu Glenn yang populer seperti ‘Kasih Putih’, ‘Januari’, ‘Adu Rayu’ dan ‘Malaikat Juga Tahu’,” timpal Daniel Mananta yang merasa optimis film biopic tentang Glenn Fredly bakal diterima penggemar musik Indonesia.

Siapakah pemeran lain selain Marthino ?

“Ada Bucek Deep dan sejumlah nama aktor besar lain. Nanti kita umumkan segera,” janji Daniel Mananta.

Glenn Fredly sepanjang karinya di dunia musik berawal ikut bergabung dalam band Funk Section dan lalu mendirikan Trio Lestari dan terakhir membangun band Bakuucakar bersama Andre Dinuth, Bonar Abraham dan Rifka Rachman.

Berdasar rekomendasi dan beberapa kali workshop yang dihadiri produser, sutradara dan keluarga Glenn Fredly, kita sorong dengan doa dan semangat kepada Marthino Lio ya. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *