Kiai Ma’ruf Amin Imbau RRT supaya Muslim Uighur Diperlakukan dengan Baik

 Kiai Ma’ruf Amin Imbau RRT supaya Muslim Uighur Diperlakukan dengan Baik

Suku Uyghr di Cina— Pic via Radio Free Asia/copy from extranewsfeed.com

Suku Uyghur di Cina— Pic via Radio Free Asia/copy from extranewsfeed.com

Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin, meminta agar Pemerintah Tiongkok tetap memperlakukan warga etnis Uighur yang beragama Islam dengan baik, terlepas dari adanya konflik di Provinsi Xianjiang.

“Kita harap supaya pemerintah Republik Rakyat Tiongkok memperlakukan kelompok Uighur yang kebetulan beragama Islam, supaya diperlakukan dengan baik sebagai warga negara China,” kata Kiai Ma’ruf ketika ditanya wartawan di sela silaturahmi dengan ulama di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (22/12).

Tentu saja Indonesia berharap jangan sampai ada tindakan berlebihan. Harapan itu dianggapnya wajar. Sebab ada banyak etnis Uighur beragama Islam di sana. Sedangkan mayoritas masyarakat Indonesia juga beragama Islam.

“Makanya sangat prihatin. Kita minta Pemerintah, bagaimana memfasilitasi supaya konflik dan perlakukan terhadap kaum Muslim, bisa dilakukan dengan cara lebih baik dan manusiawi sesuai aturan negara RRT,” jelasnya.

Wartawan lalu bertanya, apakah diperlukan PBB turun tangan menengahi konflik itu supaya tidak terjadi seperti di Rohingnya, Myanmar? Kiai Ma’ruf menyatakan keterlibatan PBB boleh-boleh saja. Namun keterlibatan itu sepanjang menjaga supaya jangan sampai terjadi seperti di Rohingnya dimana ada pengusiran etnis.

“Kita harap Muslim Uighur tak alami seperti di Rohingya. PBB bisa mengambil peran mengawalnya,” kata Kiai Ma’ruf.

Di Rohingya, terjadi konflik etnis dan agama. Dimana masyarakat yang mayoritas beragama Budha dan Hindu, menolak kehadiran warga Rohingya yang beragama Islam. ***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *