Connect with us

Kabar

Khofifah Lantik Enam Penjabat Bupati Walikota

Published

on

JAYAKARTA NEWS—-Jelang Pilkada Serentak, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik enam penjabat (Pj) Bupati dan Walikota. Pelantikan digelar di Ruang Barat, Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (25/9/2020) malam.

Enam Pj itu dilantik, yakni Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Himawan Estu Bagijo sebagai Pj Bupati Mojokerto. Kasatpol PP Jatim, Budi Santosa sebagai Pj Bupati Blitar. Kadis Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto sebagai Pj Bupati Trenggalek.

Kepala Bakorwil Malang, Sjaichul Ghulam sebagai Pj Bupati Malang. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim, Djumadi sebagai Pj Walikota Blitar. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setdaprov Jatim, Ardo Sahak sebagai Pj Walikota Pasuruan.

Usai pelantikan, Gubernur Khofifah menyampaikan beberapa pesan pada Pj Bupati dan Walikota yang dilantik. “Saya minta agar enam Pj Bupati dan Walikota ini bisa membantu memfasilitasi pelaksanaan Pilkada Serentak. Namun juga tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 karena masih dalam suasana pandemi,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Ia juga meminta para Pj tersebut untuk bisa segera berkoordinasi dengan Sekda dan Forkopimda. “Harus segera sinergis dengan seluruh jajaran, terutama Forkopimda. Termasuk untuk pengamanan Pilkada Serentak dan penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Terkait tugas, Khofifah menekankan agar para Pj melanjutkan program yang telah dijalankan di kabupaten atau kota. “Tugas Pj Bupati dan Walikota tidak untuk mengambil kebijakan strategis. Namun untuk mengisi kekosongan kekuasaan karena kepala daerahnya mencalonkan diri sebagai petahana,” jelasnya.

Dari 38 kab/kota di Jatim terdapat 19 daerah yang laksanakan Pilkada dan 19 lainnya tidak melaksanakan. Adapun 19 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada di Jatim, terdiri dari 16 kabupaten dan tiga jkota.

Masing-masing kabupaten, yakni JPacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi. Kemudian untuk kota, yakni Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.

Dari 19 kab/kota yang menggelar Pilkada, delapan di antaranya terdapat calon petahana. Sehingga, saat ini sesuai Surat Keputusan Mendagri diangkat enam Pj Bupati dan Walikota dan dua lainnya dijabat oleh Pelaksana Tugas atau Plt dari Wakil Bupati dan Pelahsana Harian (Plh) dari Sekda setempat. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *