Connect with us

Entertainment

Khanzab, Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi Tahun 1998

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Khanzab dalam agama Islam adalah jin yang kerap mengganggu manusia tatkala beribadah. Kalau lupa bacaan salat atau lupa jumlah rakaat, jin Khanzab bakal datang menghampiri umat muslim. Mereka akan meniru kita ketika sedang khusyuk membaca ayat-ayat suci.

Dan sutradara Anggy Umbara diakui sangat lihai memvisualisasikan adegan seram dan mencekam dalam film terbarunya bertajuk ‘Khanzab’ yang khusus tayang di libur Lebaran.
Adegan demi adegan tersaji utuh hampir tanpa keseraman dan ketegangan yang mengguncang batin disertai teriakan dan jeritan nan memilukan campur tawa.

Rahayu adalah remaja rebel, enggak stabil dan menyebalkan. Dia trauma melihat ayahnya dipenggal kepalanya dihadapannya oleh para ‘ninja’ karena dituduh sebagai dukun santet.
Rahayu dan adiknya kembali ke desanya, tapi warga menjauhinya. Karena Rahayu anak dukun santet yang selalu membawa petaka.

Namun, Rahayu dan mbak Nuning, ibu tirinya tak hirau, cuek saja. Rahayu tetap dekat kepada Allah. Namun, malapetaka mulai. Ketika salat, Rahayu diganggu jin Khanzab. Bisakah Rahayu dan mbak Nuning lepas dari jeratan dan gangguan Khanzab ?

“Saya mengangkat cerita horor ini berdasar peristiwa pembantaian dukun santet di Banyuwangi tahun 1998 yang ramai kala itu,” beber Anggy Umbara.

Sedangkan produser Dee Company, Dheeraj Khalwani mengaku merinding menonton film besutan Anggy. “Adegan seram dan mencekam kena. Penonton digiring untuk terkejut dan terpukau melihat setan-setan berseliweran mengganggu manusia yang sedang salat magrib di musholla,” kata Dheeraj.

Tika Bravani yang kini berhijrah (foto : Dee Company )

Syuting dilakukan di Bodetabek, terbanyak di musholla dan ruko terlantar yang enggak terpakai lagi.

Pelakon Tika Bravani yang lama enggak main film kali ini diajak bermain dalam film horor.
“Ini baru sekali saya bermain dihoror. Saya enggak diganggu siapa-siapa. Realistis saja. Yang mengesankan dan menakutkan, ketika saya beradegan sumpah pocong. Jujur, saya baru mengalami sumpah pocong,” aku Tika Bravani.

Selain itu, Khanzab juga didukung oleh sederet pemain yang sangat kuat karakternya, di antaranya Yasamin Jasem, Arswendy Bening Swara Munggaran Meldart dll.

“Ceritanya relate banget. Sumpah ! Aku sampai enggak mau makan usai syuting. Meski ini cuma computerized. Di ending, ada jumpscare dan gimmick yang mengejutkan. Nonton saja deh buat hiburan di hari Lebaran,” pesan Arswendy Bening Swara. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *