Keukenhof, di Mana Tulip-tulip Bermekaran

 Keukenhof, di Mana Tulip-tulip Bermekaran
Kumpulan bunga tulip di salah satu sudut Keukenhof. (foto: Suzy Erlangga)

Berkunjung ke Belanda, identik dengan melihat bunga tulip dan kincir angin (windmill). Berbicara tentang tulip di Belanda tidak terlepas dengan nama Taman Keukenhof. Sebuah taman bunga seluas 32 Ha di daerah Lisse, dekat Leiden, Belanda.

Tidak kurang dar 800 varitas bunga tulip dengan jumlah bunga sekitar 7 juta tangkai ditanam apik di kebun ini. Taman musim semi bersejarah ini dibangun tahun 1857 sebagai bagian dari istana Keukenhof. Yang mempunyai arti dalam bahasa Belanda, kebun dapur.

Aneka warna tulip dengan latar belakang kincir angin. (foto: Suzy Erlangga)
Bunga tulip setengah merkar. (foto: Suzy Erlangga)
Beberapa macam bunga Lily menghiasi taman Keukenhof. (Foto: Suzy Erlangga)

Mengunjungi Belanda antara bulan Maret sampai pertengahan bulan Mei atau musim semi adalah waktu yang paling tepat. Sedangkan bulan April merupakan puncaknya. Di April itu pula, bunga tulip bermekaran. Aneka warna dan bentuk tulip bermunculan di negara yang juga terkenal dengan wisata airnya.

Tidak saja menikmati keindahan taman dengan bunga tulip yang warnanya sangat beragam tetapi juga bunga lainnya. Seperti bunga Narcussi, Daffodil, Rose, dan Lily.

Beragam bunga ditata apik di taman-taman dan sekitar kolam dengan aneka warna yang berselang-seling sangat menyejukkan mata, dengan cuaca yang sejuk pula. Jaminan akan betah berlama-lama menyaksikan panorama yang sangat indah.

Tiket masuk ke Kebun Keikenhof yang setiap tahunnya mempunyai tema berbeda, dewasa dikenakan biaya sekitar 16 Euro, anak 8 Eur dan di bawah 3 tahun gratis. Jika Anda datang dengan rombongan tentu lebih murah.

Sebenarnya tanaman tulip berasal dari Asia Tengah dan Turki, namun lebih terkenal di Belanda lantaran kreativitas para petaninya. Di Keukenhof Anda bisa melihat beragam bunga tulip tetapi tidak bisa melihat hamparan seperti karpet atau kebun bunga sungguhan.

Kalau ingin melihat kebun bunga tulip yang ditanam para petani Anda harus ke kebun tulip milik petani di wilayah Noordwijk,  dan Sassenheim, Enkhuzen , Andijk dan Bovenkarspel. Konon Anda bisa melihat dengan gratis.

Anda harus ingat bahwa bunga-bunga bermekaran hanya di musim semi. Jika Anda datang “salah musim”, maka yang ditemukan hanya gerbang Keukenhof yang sudah ditutup. Taman bunga ini hanya buka kurang lebih selama 8 minggu. So rencanakan perjalanan Anda dengan matang. (rh)

“Flower Power”, tema Keukenhof tahun 2019. (foto: istimewa)
Empat wanita cantik menikmati indahnya bunga bermekaran di Keukenhof. (foto: Suzy Erlangga)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *