Connect with us

Kabar

Ketua HILLSI Bali Ingatkan Esensi Lembaga Pelatihan Kerja

Published

on

MANGUPURA, JAYAKARTA NEWS – Ketua Dewan Pengurus Daerah Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Bali menekankan esensi dan jati diri lembaga pelatihan kerja untuk meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja. Ini terutama dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian sesuai jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan, bukan pada perusahaan penempatan pekerja migran indonesia.

Ketua DPD HILLSI Bali I Made Sumitra, S.E., M.M., CTH saat dijumpai, Sabtu (22/7/2023), di Denpasar, menjelaskan bahwa hingga saat ini banyak berdiri balai/lembaga latihan kerja (LPK) yang tersebar di wilayah Bali dan sebagian telah bergabung ke organisasi HILLSI.

Sesuai dengan fungsinya, HILLSI merupakan asosiasi sebagai mitra kerja sama Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali, kota dan kabupaten untuk bersama sama dengan LPK membantu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan mampu berkompetensi dalam dunia kerja dan bukan sebagai penyedia jasa pemberangkatan atau penempatan tenaga kerja indonesia

Hingga pertengahan tahun 2023, dirinya mengetahui bahwa banyak ditemukan kasus penipuan dan terindikasi tindak pidana perdagangan orang yang bermula dari rekrutmen calon pekerja migran indonesia dengan mengatasnamakan LPK ataupun perusahaan penempatan pekerja migran indonesia (P3MI) yang ilegal.

Senada dengan hal tersebut, dirinya berharap masyarakat bali lebih teliti dalam hal mencari balai/lembaga pelatihan yang memiliki kerjasama dengan pihak P3MI atau agen pemberangkatan bekerja ke luar negeri yang sudah memiliki sertifikasi dan terdaftar pada dinas dan instansi berwenang agar tidak terjadi kasus tindak pidana serupa.

Dirinya juga menekankan berulang esensialisme/jati diri LPK ” jangan jadikan LPK sebagai tempat/wadah dalam merekrut apalagi menempatkan PMI keluar negeri, ” ucapnya. (Syam Kelilauw)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *