Connect with us

Kabar

Ketua DPW IWOI Sumut: Jadikan Organisasi IWO Indonesia Spirit Baru dan Profesional 

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara (DPW Sumut) IWO Indonesia periode 2023-2028 resmi dilantik oleh Ketum Umum (Ketum) DPP IWO Indonesia, NR Icang Rahardian SH, MH yang diselenggarakan di Wisma Benteng, di Jl. Kapten Maulana Lubis No.6, Kamis (27/7/2023). 

Dalam kesempatan itu Ketua DPW Sumut, Ratno SH,MM menyampaikan  bahwa Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPW Sumatera Utara harus menjadi spirit baru dan menjadikan organisasi pers yang profesional, serta berani menyuarakan keadilan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Pers tidak hanya terfokus menggali potensi berita saja melainkan harus mampu menggalang kekuatan UMKM atau entrepreneur baru. IWOI Sumatera Utara maupun DPD Kabupaten Asahan yang secara bersamaan dilantik harus menjadi kekuatan menolak berita-berita hoax karena dapat merusak tatanan keadilan. 

Adapun prosesi pelantikan IWOI DPW Sumut yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP IWO Indonesia, NR Icang Rahardian ini tampak meriah dan menarik perhatian para tamu undangan, sebab dihibur dengan tari-tarian daerah dan musik. 

Selain itu di sela kegiatan ternyata panitia ada membuat lucky draw dengan membagikan kupon yang ada tertera nomornya kepada para undangan. Setelah itu oleh panitia mengatakan semua yang memiliki kupon mendapatkan hadiah. Berdasarkan urut disebutkan hadiah yang didapatkan, seperti handphone, kipas angin, kompor gas, Marqisa, lobe dan kaos. Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang dan acara hiburan (bebas). 

Ketum DPP IWO Indonesia

Masih di kesempatan yang sama, usai pelantikan, Ketua Umum IWOI, NR Icang Rahardian menyampaikan kepada Jayakartanews.com bahwa ia sangat mengapresiasi acara pelantikan pengurus DPW Sumut IWOI  ini, berlangsung tertib dan lancar. 

“Alhamdulillah di Sumatera Utara pelantikannya cukup meriah ya, pertama saya melihat seluruh pengurusnya cukup solid, yang kedua bisa kita lihat dan kita saksikan begitu banyak yang mengirimkan ucapan selamat melalui karangan bunga,” ujar Icang kepada awak media Jayakartanews. com. 

Kemudian saya lihat juga teman-teman panitia yang juga Pengurus DPW Sumut IWOI dapat berkolaborasi dan membangun komunikasi serta berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada di Sumatera Utara. “Artinya teman teman hari ini sudah mampu bisa beriringan, bersamaan untuk membangun Sumatera Utara yang lebih baik,” ungkap Icang. 

Organisasi IWO Indonesia ini kita bentuk pada 9 Februari 2018 di Sumatera Barat (Sumbar) , saat itu ada penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumbar, bersamaan itu maka kita bentuk IWO Indonesia. Yang mana sampai hari ini di DPD IWOI ada kurang lebih sekitar 300-an DPD di kabupaten/kota, namun yang sudah melaksanakan pelantikan baru ada 176 DPD di kabupaten kota di seluruh Indonesia. 

“Ya harapan saya kepada pengurus yang telah dilantik, jadikan organisasi IWO Indonesia sebagai wadah organisasi profesi yang terpercaya dan dapat memiliki sumbangsih pikiran, tenaga untuk perkembangan jurnalis di Indonesia,” tutup Icang saat hendak meninggalkan Wisma Benteng. 

Salah seoarang dewan pembina Iwo Indonesia DPW Sumut, Bahrumsyah mengatakan saat usai pelantikan kepada awak media bahwa wadah untuk media online di Sumatera Utara ini masih sangat kurang, sedangkan perkembangan media khususnya online sungguh sangat signifikan jadi dengan hadirnya IWOI ini kita menyambut baik.

“Makanya di saat teman teman kita mengajak saya untuk bergabung ataupun mendirikan IWO Indonesia di Sumatera Utara, saya menyambut dengan baik,” ujar Bahrumsyah mantan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara. 

Apa lagi saat ini perkembangan media elektronik begitu pesat, tentu khusus untuk wartawan online yang ada disana sini perlu ada organisasi sebagai tempat atau wadah bernaung,  yang dapat menambah ketrampilan, kecakapannya di bidang pers. 

Kenapa saya mengatakan demikian? Pertama, di era digital ini Informasi yang paling cepat dan yang pertama dikonsumi publik adalah media online, elektronik, dengan situasi seperti itu mau tidak mau berarti wartawan harus belajar menguasai penggunaan digital, agar dalam melaksanakan tugas keseharian dapat lancar dan benar. 

Yang kedua kita lihat saat ini begitu pesatnya kemajuan teknologi, berarti kemampuan ataupun kecepatan wartawan di dalam memberikan beragam berita, baik itu berita  nasional maupun berita daerah harus cepat dan benar sesuai produk jurnalis. Sehingga media online ini dapat menjadi sarana edukasi dan informasi yang paling cepat untuk saat ini.

“Jadi penting diperhatikan bagi para wartawan yang tergabung dalam IWOI untuk profesional, profesional dalam bentuk tampilannya, performancenya, attitude nya saat dia meliput berita, sehingga tidak ada ketersinggungan, apa yang diharapkan dapat dia dapat,” jelas Bahrumsyah. 

Kemudian sebagai pembina kita juga akan memikirkan kesejahteraan yang tergabung di dalam IWOI dan ini yang menjadi halbpertama. Karena tanpa kesejahteraan tidak akan bisa profesional dan berjalan organisasi itu. Dan ini yang kita tanamkan nanti kepada mereka (wartawan) sehingga nanti pada penyusunan ada dua hal program mereka. 

Pertama setidak-tidaknya tentang penataan organisasi, yang kedua tentang ada rekomendasi atau apa program-program khusus untuk dipersiapkan dan Ini tugas kita sebagai pembina untuk memberikan masukan kepada mereka.

“Disamping itu juga kita lihat Ketua Dewan Pembina kita, Pak Tan David Sulaiman. Beliau orangnya aktif dan juga kritis terhadap bagaimana perkembangan masyarakat. Kami akan memberikan masukan kepada ketua kami nanti, sehingga di tim pembina ini bisa melahirkan satu pemikiran yang cemerlang yang bisa nanti membantu program di Sumatera Utara,” ungkap Bahrumsyah. 

Sehingga ke depannya wartawan IWOI nanti jangan hanya fokus meliput berita saja, tetapi kita harapkan ada langkah-langkah kegiatan yang bisa meningkat ekonomi mereka, seperti ada koperasi mereka kemudian ada kegiatan seperti UMKM, apakah penjualan produk-produk yang mereka buat dan sebagainya. 

Sekjen IWO Indonesia DPW Sumut

Rencana kedepannya kita akan membentuk DPD-DPD di setiap kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Tujuannya menciptakan wartawan yang handal dan profesional. Yang mana misi dari IWOI DPD Sumut melawan berita kebohongan, menjadikan wartawan itu sebagai jurnalis profesional. 

“Sehingga apa? Kita akan menyaring mana yang benar-benar wartawan. Stigma ini yang kita lihat, satu yang berbuat tapi semua wartawan yang kena. Jadi Ini yang mau kita benahi bersama-sama khususnya di Sumatera UtaraUtara,” jelas Sekretaris IWOI DPW Sumut, Ferry Yudha. 

Kemudian terkait yang ingin bergabung tentu sesuai dengan organisasi ini, kan Ikatan Media Online Indonesia, kita akan bermain digital, streaming kedepannya boleh saja bergabung di dalam Iwo. Bahkan seorang youtuber boleh bergabung di IWOI jika platformnya berbadan hukum media.

Selain itu nanti rencana ada pelatihan-pelatihan dan itu program kerja kita yang utama. “Kita akan melakukan pelatihan-pelatihan di era digitalisasi ini terutama IT, banyak wartawan yang masih buta IT, apalagi sekarang zaman tekhnologi ya. Kalo kita wartawan tidak mengikuti perkembangan tekhnologi maka kita akan tenggelam,” kata Ferry. 

Maka IWOI ke depannya akan mengadakan podcast, streaming, tv. Dari data kita ada sekitar 30 lebih media yang berbeda telah bergabung, mudah mudahan nambah. Untuk DPD sendiri dalam waktu dekat kita akan bentuk DPD Tanjung Balai, Simalungun, Batubara, Deli Serdang. Untuk saat ini DPD baru kita bentuk di Kabupaten Asahan yang sama sama kita Lantik hari ini. 

“IWOI ini organisasi yang melindungi. Bagi teman-teman yang bergabung, berita-beritanya akan kita buatkan dalam satu website IWOI sendiri. Contohnya dari Jayakartanews, ada beritanya ke kita maka akan dtampilkan di website IWOI DPW Sumut, nanti dibuat penulisnya siapa dan punya Jayakartanews. Dan IWOI organisasi bersifat independen,” ungkap Ferry. 

Turut hadir dalam undangan pelantikan DPW IWOI Sumut Dan DPD Asahan, antara lain Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi diwakili dari Dinas Kominfo, Walikota Medan diwakili Dinas Kominfo, Pangdam I/BB diwakili Mayor Lisbet Manurung, Kapolda Sumut diwakili Kabid Humas AKBP Sony Siregar dan lainnya. 

Dalam kesempatan itu tak luput Bendahara IWOI DPW Sumut, Hariaty Panggabean mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dewan Pembina/Penasehat yang juga Ketua PITI Sumut, Ko Tan David Sulaiman yang telah mendukung sepenuhnya pelantikan ini. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikannya. (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *