Connect with us

Kabar

Keragaman Seni Nusantara dalam Festival Semarak Budaya Indonesia 2024

Published

on

JAYAKARTA – Salah satu pagelaran seni terbesar di Kota Surakarta, Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024 akan kembali digelar Jumat (10/05/2024) hingga Sabtu 11(11/05/2024). Sama seperti tahun sebelumnya, SBI 2024 dapat disaksikan secara gratis oleh masyarakat di Pendopo Balai Kota Surakarta.

Acara pagelaran seni ini juga akan disiarkan ulang di berbagai kanal media Youtube seperti Gibran TV, Pariwisata Solo, SIPA Festival, serta kanal Youtube Semarak Budaya Indonesia.

Genap 11 tahun, festival SBI 2024 senantiasa konsisten dalam menciptakan ruang aktualisasi bagi seluruh generasi seni. Kegiatan ini selalu berfokus pada pembentukan karakter generasi muda untuk terus mencintai seni dan budaya milik sendiri.

Menyajikan tema “Gelar Imaji Khatulistiwa”, SBI 2024 akan tampil dengan konsep dan wajah baru dengan melibatkan seluruh bentuk sumber daya seni dari berbagai penjuru Nusantara. Festival seni tari ini dirancang oleh Pemuda Indonesia Kreatif dan Semarak Candrakirana Art Center, dengan didukung oleh berbagai elemen mulai dari Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, serta puluhan media partner dari seluruh Indonesia.

Di dalam pagelaran seni yang akan dihelat di Kota Solo ini, berbagai macam nilai edukasi hingga potensi ekonomi akan dikemas dalam rangkaian acara yang begitu megah.

Rangkaian kegiatan SBI 2024 terdiri dari berbagai rangkaian mulai dari lokakarya hingga pagelaran seni utama. Kegiatan lokakarya akan diisi dengan pelatihan seni kriya inovasi Indonesia mulai dari pukul 10.00 hingga 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Berkolaborasi dengan seniman dan artisan lokal Solo, kegiatan ini akan membuka 4 (empat) kelas pelatihan yang akan dibagi selama 2 (dua) hari berturut-turut.

Pada Jumat (10/05/2024) akan diisi dengan lokakarya melukis cangkir dan totebag. Sedangkan di hari Sabtu (11/05/2024) akan diisi dengan lokakarya beading gelang serta macrame keychain.

Selain lokakarya, kegiatan lain yang disajikan yakni kegiatan Galeri Wastra Dwipantera serta Pasar Karya Nusantara. Galeri Wastra Dwipantera merupakan Ruang apresiasi bagi kerajinan kain Nusantara. Galeri ini akan menampilkan kain asli dari berbagai pengrajin di Indonesia mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Berkolaborasi dengan komunitas pecinta kain tradisional dan desainer lokal, pameran ini akan digelar di Pendopo Balaikota Surakarta selama acara berlangsung. Bersamaan dengan kegiatan ini, Pasar Karya Nusantara juga akan digelar selama Festival Semarak Budaya Indonesia ini berlangsung.

Pasar Karya Nusantara menghadirkan lebih dari 30 tenant produk kuliner, karya kriya, dan produk ekonomi kreatif asli Indonesia yang akan dibuka mulai awal hingga akhir acara. Kegiatan Pasar Karya Nusantara akan dilengkapi dengan panggung hiburan yang diisi oleh seniman – seniman musik etnik.

Penampilan pada panggung ini akan dimulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB. Kemudian sebagai puncak acara dari festival ini, yakni pagelaran seni Semarak Budaya Indonesia akan digelar mulai dari pukul 19.00 hingga 22.00 WIB selama 2 hari berturut-turut. Pagelaran megah ini akan diikuti oleh 21 delegasi sanggar dan komunitas seni tari dari 12 kota di Indonesia yang telah melalui tahap kurasi. (*)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *