Kenang-kenanglah Sejarah (5)

 Kenang-kenanglah Sejarah (5)

NAH, periode akhir tulisan lima-seri ini, masih belum hilang dari ingatan. Mulai dari naiknya eskalasi politik di DKI Jakarta, hingga peristiwa demo yang fenomenal. Ditutup dengan sebuah musibah di Aceh.

OKTOBER

TIGA PASLON PILGUB DKI – KPUD DKI Jakarta menetapkan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gunernur DKI dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon dan wakil gubernur yang memenuhi syarat sebagai peserta Pemilukada DKI Jakarta 2017. Ketiganya adalah Basuki Tjahja Purnama alias Ahok-Djarot Saeful Hidayat yang diusung PDIP, Partai Hanura, Partai Golkar dan Nasdem, Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS, dan Agus Harymurti Yudhoyono-Silvyana Murni yang diusung Partai Demokrat, PKB dan PPP. Dalam undian nomor urut, pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mendapat nomor urut satu. Sedangkan pasangan Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapat nomor urut dua. Kemudian pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapat nomor urut tiga.

NOVEMBER

DEMO SEJUTA UMAT – Demo 4 November 2016 di Ibukota berlangsung aman dan tertib. Meski di pengujung aksi tersebut sempat terjadi sedikit insiden namun relatif kecil dibanding jumlah peserta aksi yang disebut-sebut sebagai demo terbesar di Indonesia.

AHOK TERSANGKA – Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi dijadikan tersangka kasus dugaan penistaan agama, demikian kesimpulan gelar perkara penyelidikan oleh tim penyidik kepolisiani atas kasus tersebut oleh Mabes Polri, Rabu (16/11) pagi. Hal itu diumumkan oleh Kepala Bareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto dalam jumpa pers sekitar pukul 10.00 WIB di Mabes Polri, Jakarta, Rabu pagi.

DESEMBER

MAKAR – Jumat dini hari, 2 Desember 2016 Polri menciduk 11 tokoh dan aktivis di beberapa tempat dalam waktu hampir bersamaan. Namun tujuh orang tersangka makar, yakni Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvin Indra, dan Rachmawati Soekarnoputri langsung dipulangkan setelah menjalani pemeriksaan hamper sehari penuh. Begitu juga terhadap musikus Ahmad Dhani yang menjadi tersangka penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo. Sementara tiga lainnya, Sri Bintang Pamungkas, Jamran, dan Rizal Kobar ditahan di Polda Metro Jaya. Mereka dijerat UU ITE dan juga Pasal 107 Jo Pasal 110 KUHP tentang Makar dan Pemufakatan Jahat.

JOKOWI DOA BERSAMA – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada para peserta doa bersama di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12). Hal itu disampaikan Jokowi seusai mengikuti shalat Jumat berjemaah bersama massa doa bersama.Doa bersama ini berlangsung sejak pagi tadi hingga pelaksanaan shalat Jumat. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari demo 4 November yang menuntut penegakan hukum atas kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama.

GEMPA PIDIE – Penanganan korban bencana gempa yang terjadi 7 Desember  di  Pidie Jaya Aceh, sangat baik. Evakuasi korban mencapai 99 persen. Hal ini disampaikan Presiden setelah menjenguk korban bencana gempa Pidie Jaya di Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin di Banda Aceh, Kamis (8/12) malam. Sejak Kamis (8/12) petang, Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri sudah berada di Aceh untuk memantau penanganan korban bencana gempa, setelah sebelumnya berada di Bali untuk kunjungan kerja. *** (Tamat)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *