Kenang-kenanglah Sejarah (2)

 Kenang-kenanglah Sejarah (2)

SEJARAH tahun lalu, juga mencatat peristiwa lain di bidang promosi atau suksesi kepemimpinan di beberapa instansi. Di samping, ada juga beberapa peristiwa aktual lain, yang relatif masih segar dalam ingatan.

APRIL

WAKIL KETUA MA – Hakim Agung HM Syarifuddin terpilih menjadi Wakil Ketua MA bidang Yudisial periode 2016-2021 menggantikan posisi Mohamad Sakeh yang memasuki masa purnabakti pada 1 Mei 2016. Syarifuudin terpilih lewat voting dua putaran. Dalam pemilihan tersebut M Syarifudin berhasil mengungguli pesaingnya Andi Samsan Nganro.

WAKIL KETUA MK – Hakim Konstitusi Anwar Usman kembali terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2016-2018 melalui rapat pleno hakim konstitusi yang digelar Senin (11/4) di gedung MK. Dalam rapat pleno tertutup, sembilan hakim konstitusi secara aklamasi sepakat memberi amanat Anwar Usman kembali menjadii  Wakil Ketua MK untuk kedua kalinya.

MEI

SETNOV KETUM GOLKAR – Pemilihan ketua umum Partai Golkar Selasa (17/5)  di Nusa Dua, Badung, Bali akhirnya menghasilkan Setya Novanto (Setnov) sebagai pemenang, setelah lawan terkuat, Ade Komarudin menolak dilakukan putaran kedua. Setnov mendapat 277 suara, sementara Ade 173 suara. Berdasarkan tata tertib pemilihan suara, pemilihan bisa dilanjutkan ke periode dua namun secara mengejutkan, Ade menolak dilakukannya pemilihan putaran kedua dengan alasan, dia masih 50-an tahun, sedangkan Setnov sudah 60-an tahun.

JAKSA TAK BISA PKPolemik boleh tidaknya jaksa mengajukan Peninjauan Kembali (PK) segera berakhir. Hal itu tersirat dari putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan permohonan uji materi terhadap Pasal 263 ayat (1) KUHAP yang dimohonkan istri terpidana kasus cessie (hak tagih) Bank Bali Djoko S Tjandra, Anna Boentaran. (Bersambung)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *