Kemensos Raih Anugerah dari KASN atas Transparansi dalam Pengisian JPT 2021

 Kemensos Raih Anugerah dari KASN atas Transparansi dalam Pengisian JPT 2021

(Foto: Kemensos)

YOGYAKARTA, JAYAKARTA NEWS – Kementerian Sosial menerima anugerah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Hasil Penilaian Kualitas Pengisian Jabatan Tinggi (JPT) untuk Instansi Pemerintah Kementerian/Lembaga Tahun 2021 dengan kategori baik.

Anugerah tersebut diterima Menteri Sosial Tri Rismaharini, yang kehadirannya diwakili Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat. Demikian Siaran Pers Kemensos, Jumat (7/10).

Anugerah diberikan KASN sebagai apresiasi dan dukungan terhadap Kemensos dalam pelaksanaan pengisian JPT, sepanjang tahun 2021, lantaran dinilai transparan dan terbuka dalam prosesnya.

“Saya melihat Kemensos, melalui Ibu Menteri, Bu Risma, selalu berkomitmen agar seluruh proses pengisian jabatan pimpinan tinggi itu betul-betul secara transparan, terbuka sehingga menghasilkan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang tepat,” kata Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto di Yogyakarta, Kamis.

Tasdik mengatakan semangat baik itu yang akan tentu terus ia dan jajarannya dorong untuk diterapkan pada seluruh instansi pemerintah kementerian/lembaga.

“Saya mendorong kepada Pak Harry, selaku Sekjen Kemensos, manajemen talentanya terus dibangun. Kalau di dalam sistem internalnya itu sudah berjalan dengan efektif, nanti, pada saatnya, seleksi terbuka akan bertransformasi ke arah proses seleksi yang lebih cepat dan efisien,” kata dia.

Ia lantas mengutip pernyataan Ketua KASN, Agus Pramusinto, yang menyampaikan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Secara keseluruhan, ada 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek.

Dari jumlah 431 yang dinilai, didapati sebanyak 82 instansi pemerintah secara nasional yang memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan KASN dengan rincian 14 mendapatkan predikat ‘Sangat Baik’ dan 68 mencapai kategori ‘Baik’.

“Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan, hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode Bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ungkapnya.

Tasdik juga menjelaskan bahwa ada lima dimensi dalam penilaiannya, yakni Dimensi Persiapan Pengisian JPT, Dimensi Pelaksanaan Pengisian JPT, Dimensi Pelaporan Pengisian JPT, Dimensi Inovasi Manajemen Pengisian JPT, dan Dimensi Pelanggaran Sistem Merit dalam Jabatan.

“Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5 tahun 2014 Tentang ASN,” terangnya.

Lewat capaian yang diraih Kemensos pada 2021, pihaknya menyatakan kesiapan untuk terus mendukung Kemensos agar memiliki komitmen untuk membenahi manajemen ASN ke depannya.

“Kami siap untuk selalu memberikan dukungan kepada Kemensos, mulai dari Ibu Menteri, Pak Sekjen dan seluruh jajaran yang lain, agar memiliki komitmen yang baik untuk membenahi manajemen ASN dengan lebih baik lagi,” ucap pria berkacamata ini.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat, yang menerima langsung anugerah mewakili Mensos Risma, menyampaikan bahwa penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal terhadap pelaksanaan pengisian JPT di Kemensos.

“Ini merupakan penghargaan atas kinerja kita, Kementerian Sosial sepanjang tahun 2021 lalu. Ada 14 kementerian yang mendapatkan penilaian dengan kategori baik, salah satunya Kemensos. Tentu ini sebuah lompatan baik bagi Kemensos,” kata Harry usai menerima anugerah.

Harry berharap ke depan Kemensos mampu meningkatkan capaian yang sudah diraih. “Tentu, ke depan, Insya Allah, kita menargetkan kategori sangat baik sehingga kita bisa menerapkan sistem merit secara total di Kementerian Sosial,” katanya menaruh harap terhadap peningkatan capaian pada tahun berikutnya.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.