Kembali Hadir, Indonesia Ramaikan Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia

 Kembali Hadir, Indonesia Ramaikan Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia

Indonesia ramaikan Pameran Pariwisata terbesar di Swedia, Kamis (10/11). (Kemlu)

JAYAKARTA NEWS – Indonesia kembali hadir dalam Travel News Market 2022, pameran pariwisata terbesar di Swedia, yang diselenggarakan di kota Stockholm (10/11). Travel News Market adalah salah satu event bergengsi dan menjadi tempat berkumpul para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan sektor pariwisata, tidak saja di Swedia namun juga kawasan Nordik.

Dubes RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo dalam Siaran Pers Kemlu, Jumat (11/11) menyampaikan “Travel News Market memberikan peluang yang sangat baik bagi Indonesia untuk bertemu langsung dengan para key stakeholders industri pariwisata, sekaligus ajang untuk memperkuat branding destinasi Indonesia di tengah publik Swedia dan kawasan”.

Partisipasi KBRI Stockholm tahun ini difokuskan untuk menawarkan berbagai destinasi yang menjadi segmen utama wisatawan asal Swedia, yaitu hospitality kelas premium dan paket pariwisata khusus, seperti pengalaman budaya, eco-tourism, dan gaya hidup sehat.

Dubes Kamapradipta mengharapkan partisipasi Indonesia tahun ini mampu mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Swedia ke Indonesia, terutama untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19. Untuk dukung ini, KBRI Stockholm juga telah membuka kembali layanan visa bagi turis asing sejak awal November 2022.

“Dengan berkurangnya dampak pandemi dan dilonggarkannya protokol kesehatan di berbagai negara, turis Swedia terlihat sangat antusias mencari informasi untuk menghabiskan liburan di daerah-daerah tropis, seperti Indonesia, dengan keindahan alam serta keragaman dan kekhasan budayanya”, ujar Dubes Kamapradipta.

Sebelum masa pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan Swedia ke Indonesia terus mengalami peningkatan, yaitu dari 51 ribu orang pada tahun 2018 menjadi 56 ribu orang pada tahun 2019. Bahkan, selama pandemi pada tahun 2020, terdapat 17 ribu wisatawan asal Swedia yang tetap berkunjung ke Indonesia.

Pada tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan Swedia ke Indonesia triwulan II menunjukkan peningkatan tajam sebesar 287% jika dibandingkan dengan triwulan I. Jumlah kunjungan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kebijakan visa turis yang semakin terbuka.

Booth Indonesia tampil meriah dan mendapat perhatian yang cukup besar dari para pengunjung berkat pertunjukan Tari Gelang Dadas yang dibawakan oleh kelompok tari Svensk Indonesiska Bagusföreningen dari kota Malmö. Selain itu, KBRI Stockholm juga bermitra dengan agen perjalanan lokal Swedia dan Eropa, Asien Paradisresor dan Omintara Travel, untuk memberikan beragam informasi destinasi pariwisata Indonesia kepada para pengunjung.

Pameran Travel News Market tahun ini diikuti oleh lebih dari 120 pelaku bisnis sektor parwisata dan negara-negara dari seluruh dunia. Sejak dibukanya pendaftaran, booth Indonesia telah mendapat banyak meeting requests dengan agen perjalan lokal, media cetak dan online pariwisata serta maskapai penerbangan untuk bertanya situasi terakhir di Indonesia dan jajaki hubungan kerja sama.

“Indonesia akan terus upayakan kehadiran di Travel News Market, termasuk tahun depan dan tahun-tahun mendatang, untuk menjaga momentum dan meningkatkan kehadiran brand destinasi Indonesia. Hal  ini sangat penting untuk menangkap pangsa pasar yang cukup unik dan berpotensial ini,” ucap Dubes Kamapradipta.***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.